DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Puluhan Warga Kampung Sindangsari Antusias Pilih Ketua RT/RW Secara Langsung

 

 


Kota Tasikmalaya LHI
---Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di RW 011 kampung Sindangsari berlangsung, layaknya pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden. Bahkan, masyarakat siap menagih apabila kepemimpinan ketua RT dan RW yang baru menang lagi dan tidak amanah.

Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 08.00, tatkala puluhan warga antre di TPS. Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga dan saksipun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RT dan RW mereka.


Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos tiga kandidat ketua RT sebetul nya ada empat RT yang habis jabatan berhubungan RT 02 hasil poling langsung menang jadi tiga RT yang berjalan. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas

Ketua Panitia pemilihan sekaligus tokoh masyarakat RW 011 Kampung Sindangsari, Yaya Sunarya menjelaskan pemilihan ketua RT/RW secara langsung bukan yang pertama kaliya. “ Ini sudah beberapa kalinya dan Ini bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan” katanya di sela – sela acara tersebut, Minggu pagi (5/5/24).

Menurutnya, pemilihan ketua RT dan RW dengan aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing-masing calon dan ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah.

“Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.” Ujarnya.

Salah satu warga, yang terkenal di panggil Gareng mengungkapkan bahwa pemilihan ketua RT dan RW untuk periode 2024-2027, yang diikuti warga dari empat RT ini berlangsung lebih ramai dan meriah daripada pemilihan legislatif dan presiden.

Dari 80 Daftar Pemilih Tetap yang berasal dari RT 43 saja, sudah ada 95 persen yang hadir, hingga pukul 00.01 WIB. Sementara pada pileg dan pilpres, hanya 80 persen yang mengikutinya."Sangat demokratis, bahkan mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan," tuturnya.

Sementara Dede S mengaku senang sekaligus bingung. "Calonnya suka semua. Yang buat susah milih," ucapnya.

Kasi Pemerintahan dan Ketertiban Kelurahan Panyingkiran,H Solihin menyatakan dirinya menyambut baik pelaksanaan Pemilihan RT dan RW tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung.“Pemilihan secara langsung dan serentak ini memang dikehendaki oleh warga dan saya sangat terkejut dengan adanya pemilihan RT/RW sekaligus dilakukan bersamaan, ini satu ide yang sangat bagus,” katanya.

Ia berharap siapapaun yang terpilih nantinya sebagai Ketua RT dan RW harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar. “Sebab peran Ketua RT dan RW pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan”

Pada akhirnya RW 011 di menangkan oleh Burhanudin, Pemilih 214 orang sesuai daftar hadir  tidak sah 2;RT 01 Kusyana;RT 02 menang langsung hasil poling langsung warganya ;RT 03 Nana; dan RT 04 Dede Saefuloh.(SAKIMAN)****

Post a Comment

0 Comments