PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Pj Wali Kota Banjar Membuka Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Pasar Hasil Tani

 



Banjar, LHI

Pj Wali Kota Banjar Ida Wahidan Hidayati membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Pasar Hasil Tani yang bertempat di Kompleks Area Perkantoran Purwaharja, Selasa(21/05/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh, Ketua DPRD kota Banjar, Kapolres Banjar, Dandim 0613 Ciamis,  Ketua Pengadilan Negeri Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian(BPSIP), Kepala Para OPD Kota Banjar, dan para lapisan masyarakat Kota Banjar.

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan bantuan alat mesin pertanian(alsintan), benih yang bersertifikat dan jaminan kegagalan petani dengan asuransi Tahun 2024. Rangkaian kegiatannya tersebut merupakan upaya percepatan peningkatan produksi padi, melalui optimilasasi lahan dan pompanisasi yang ada di Kota Banjar.

Yang disalurkan bantuan saat ini berupa, pompa air sebanyak 54 unit, terdiri pompa yang berukuran 6" Sebanyak 5", Yang berukuran 4" Sebanyak 7 unit, dan yang ukuran 3" Sebanyak 42 unit, bantuan irigasi perpompaan sebanyak 2 unit, serta hand Traktor 8 PK sebanyak 10 unit. Pj wali kota Banjar juga memberikan bantuan berupa benih padi sebanyak 50,250 Kg  untuk sawah yang seluas  2,010 Ha(60 persen/luas sawah 33 persen kebutuhan petani). Untuk  Asuransi Usaha Tani Padi(AUTP) disalurkan untuk 91 kelompok para Tani untuk lahan seluas 1000 Ha.


Pj Walikota Banjar Ida Wahidan Hidayati menuturkan, Pemerintah Banjar saat ini merencanakan target Swasembada beras dengan melakukan percepatan tanam melalui pompanisasi Menurutnya, kini target percepatan yang ada di Kota Banjar seluas 1.208 Ha, yang saat ini merupakan sawah tadah hujan.

"Bantuan yang d berikan ke para petani berupa pompa air dan traktor sebagai alat mesin Pertanian yang akan menjadi dukungan bagi para petani agar semakin opitimal dalam melakukan percepatan tanam padi sehingga nantinya dapat meningkatkan dengan hasil panen serta mengatasi masalah kekeringan,"ujarnya.

Ida Wahidan Hidayati juga dalam kesempatan ini mengucapkan, terimakasih kepada seluruh masyarakat kota Banjar khsusnya para petani yang telah bekerja keras mewujudkan keberhasilaan penyediaan bahan pangan serta kesejahteraan petani di Kota Banjar.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Banjar, saya mengucapkan banyak terimkasih atas kerja keras dari seluruh masyarakat pertaniaan, Forkompinda, dan seluruh Stackholder dalam upaya  bersama dalam mensukseskan program peningkatan perekonomian masyarakat di Kota Banjar"pungkasnya.(ADE ARIS)***

 

Post a Comment

0 Comments