DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

DPRD Kota Banjar Berikan Sejumlah Catatan Laporan untuk Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjar Tahun 2023

 



Banjar, LHI

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar   memberikan sejumlah catatan Laporan untuk keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjar Tahun  2023. Evaluasi terhadap kinerja Pemkot Banjar saat melakukan rapat Paripurna menyampaikan Laporan hasil pembahasan Pansus LIX, bertempat di Ruang rapat Singa Perbangsa DPRD Kota Banjar, (30/04/2024).

Ketua DPRD Kota Banjar H. Dadang R Kalyubi saat ditemui usai acara mengatakan, catatan terhadap 10 evaluasi yang Panitia Khusus lakukan atas LKPJ tersebut. Ada beberapa rekomendasi itu, diantaranya terkait satu perencanaan program kegiatan dari Pemerintah Kota.

Menurutnya, perlu merujuk pada  berbagai indikator capaian yang telah PemerintahPemerintah Pusat dan Provinsi ditetapkanditetapkan. Sehingga target yang kita targetkn tidak terlalu rendah.

Selanjutnya, di pengembangan Pariwisata yang berbasis potenso Lokal, pengelolaan sampi berbasis lingkungan. Makan pembangunan ekonomi kreatif dan pengembangan UMKM meningkat, peningkatn akses Pendidikan yang kini bagi masyarakat.

"Sedangkan nantinya, progran serta kegiatan yang tidak terlaksana pada Tahun Anggaran 2023, perlu diinvediinventarisir untuk menjadi prioritas pelaksanaanpelaksanaa Tahun yang ada datang, " Ucap Dadang.

Menambahkan, PAD juga jadi catatan LKPJ Wali Kota Banjar untuk direkomendasi yang DPRD nanti sampaikansampaikan. Hal itu merupakan masukan yang konstruktif bagi eksutifeksutif. Nantinya akan bertujuan untuk mengevaluasi serta memyempurnakan perencanaan program kegiataan.

Menurutnya, menjadi satu keharusan juga bagi Kepala Daerah untuk segera menindaklajuti segimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. "Disini ada sepuluh catatan evaluasi yang kami sudah rekomendasikan kepada Pemerintah untuk dapat memperbaiki Pemerintah yang akan datang, " Urainya.

Ketua Pansus LIX DPRD Kota Banjar Hj. Mujamil mengatakan, ada beberapa catatan LKPJ Wali Kota Banjar yang kini menjadi evalusievalusi, Pemerintah Kota Banjar diharuskan dapat meningkatkan kualitas SDM. Baik to di bidang SDM Pendidikan dan Kesehatan. Ucapnya.

Soal pencapaian target tentang pendapatanpendapatanaasli Daerah(PAD) harus dapat meningkatkan, sebab Tahun 2023 kini tingkat capaiaan PAD itu adalah sekitar 88 persenpersen. Dari apa yang kita targetkan Rp 153 Miliar terealisasi saat ini hanya sekitar Rp 132 Miliar.

Namun akan begitu, secara umum untuk ssistematika pelaporan LKPJ Wali kota yang dari Tahun ke Tahun alhamdulillah kini sudah meningkat dan cukup baik bisa untuk dibilangnya.

"Saat ini kecapekan kinerja, sudah  berada di 90 persen. Akan tetapi masih ada beberapa catatan juga yang nantinya akan menjadi bahan evalusi yaitu diantaranya SDM yanv mesti kita juga tingkatkan di bidang Pendidikan serta di bidang Kesehatan. Yang nantinya berdampak pada kenaikan PAD Kota Banjar."pungkasnya.(ADE ARIS)****

Post a Comment

0 Comments