DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Drs R.Sigit Widodo Nugrohadi, MM Siap Nyalon Bupati Purworejo pada Pilkada 2024


 


DRS R.SIGIT WIDODO NUGROHADI, MM
nama lengkap pria sederhana dan santun ini. Pada pesta demokrasi Pilkada Serentak 2024 mendatang, Romo Sigit panggilan akrabnya, siap nyalon Bupati Purworejo dan akan berpasangan dengan AKBP (Purn) H.Aris Karmo,SE (Kepala Desa Jenarwetan Kec.Purwodadi Kab.Purworejo). Dia   putra asli daerah, meskipun saat ini  masih mengabdi kepada negara, tercatat sebagai PNS di Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Pria kelahiran 5 September 1967 di Kampung Pantok Desa Baledono Kecamatan Plaosan Kabupaten Purworejo, anak dari dari almarhum  RM .H.Soemito dan RNgt Hj .Sri Setiyati S.Pd .yang  mempunyai 6 saudara kandung.  Nama sosok sang ayah RM.H.Soemito memang tak  asing lagi bagi masyarakat Purworejo.

Lantas apa motivasi Romo Sigit nyalon Bupati Purworejo ?

“Saya sering pulang kampung ke Purworejo dan bertemu dengan masyarakat. Karena sering bertemu dan melakukan pertemuan dengan masyarakat ,tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh muda, ormas, LSM dan keluarga besar itulah yang mendorong saya untuk nyalon Bupati Purworejo pada Pilkada 2024 mendatang. Alhamdulillah, sebagian besar elemen masyarakat dukungan saya untuk maju pada Pilkada 2024 mendatang,”ungkapnya.

Kalau pulang kampung ke Purworejo, Romo Sigit Widodo  suka blusukan ke berbagai pelosok daerah, terutama silaturahmi ke berbagai pondok pesantren; menemui masyarakat kalangan bawah, silaturahmi dengan para seniman dan budayawan yang membutuhkan perhatian secara khusus agar kesenian khas Purworejo tetap lestari dan makin berkembang.

“Pada intinya, saya siap nyalon Bupati Purworejo karena merasa terpanggil   untuk bisa mengabdikan diri demi kemajuan masyarakat Kabupaten Purworejo. Setiap kali ada pertemuan, saya selalu mengajak masyarakat agar bersatu untuk mewujudkan Purworejo Bangkit dan Maju,”katanya.

Untuk mewujudkan keinginannya mengabdikan diri kepada negara dan masyarakat, Drs R.Sigit Widodo Nugrohadi, MM   pun terjun ke kancah politik agar efektif, dengan bekal pengalamannya di birokrasi selama ini. “Saya menyadari, dengan masuknya ke kancah politik, juga pengalaman di birokrasi dan dukungan elemen masyarakat, insya Alloh saya akan dapat mewujudkan keinginan dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, memajukan Kabupaten Purworejo ke  arah yang lebih maju lagi.

Romo Sigit mengaku bersyukur,  karena banyak mendapat   dukungan spontan dari masyarakat yang berada di tanah kelahiran saya, termasuk keluarga sendiri,  Keluarga besar Tjondrorejo, keluarga besar FKPPAI, keluarga besar PPPKRI Bela Negara, keluarga besar Trah Bagelen “Juga adanya dukungan, arahan dan do’a dari dari para ulama  , termasuk   juga dukungan dari keluarga meneguhkan saya untuk memilih nyalon Bupati Purworejo dalam mengabdikan diri untuk kemaslahatan masyarakat. Bahkan yang tidak terduga, adanya dukungan besar dari para ulama besar , kalangan pendidikan, ratusan tokoh seni budaya, dan kaum milenial, mungkin karena selama ini  saya sangat dekat dengan mereka ,”tuturnya

Selain adanya dukungan dari berbagai elemen masyarakat, Romo Sigit Widodo ingin mencalonkan jadi Bupati Perworejo yakni hasil shalat istikharah jadi tidak semata mata untuk maju mencalonkan diri menjadi orang nomor satu di kabupaten ini “ Dan saya berjanji jikalau saya nanti ditakdirkan menjadi Bupati Purworejo, saya akan benar benar mewakafkan diri untuk masyarakat Kabupaten Purworejo,mewujudkan Purworejo Bangkit” .

Dengan berbekal pengalaman sebagai birokrat sejati di Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, Romo Sigit Widodo mengatakan, bahwa membangun satu wilayah atau kota, kita harus memiliki konsep jangka pendek, menengah, dan panjang. “Tanpa konsep, kita pasti bingung. Bisa jadi anggaran-anggaran tak terserap menjadi SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran),” katanya

“Setiap pulang kampung, saya suka blusukan  “road show” keliling Kabupaten Purworejo   masih banyak yang harus dibenahi,karena sejarah kabupaten ini dibangun oleh yang terdahulu .Saya niat jadi Bupati Purworejo  ingin memajukan Kabupaten Purworejoa,  “Mari kita semua menyingsingkan lengan baju untuk memajukan Kabupaten Purworejo, jadikan Kabupaten Purworejo yang berkharisma supaya Kabupaten Purworejo menjadi lebih baik dari sekarang,” pungkasnya.

“Saya hanya mohon do’a restu dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Purworejo untuk bisa mewujudkan keinginan saya, mengabdikan diri kepada masyarakat . Karena masyarakat Kabupaten Purworejo  harus bangkit dan maju di segala bidang baik pendidikan termasuk pendidikan keagamaan dan pesantren, ekonomi, budaya dan lainnya.”pungkasnya.

PROFIL:

Drs R.Sigit Widodo Nugrohadi, MM dilahirkan di Purworejo 5 September 1967 di Pantok  Desa Baledono Kec. Plaosan Kabupaten Purworejo.  anak  dari almarhum  RM H Soemito dan RNgt Hj Sri Setiyati S.Pd .yang  mempunyai 6 saudara kandung.

Lulusan  Fakultas Ilmu Administrasi Negara  UNKRIS Jakarta tahun 1990 dan Master Sumber Daya Manusia di STIE Widya Jayakarta Jakarta lulus tahun 2000. Mengabdi di negara  sejak 1990 sebagai tenaga honorer Pemerintah Kabupaten  Tangerang  .Kemudian tahun 1992 diangkat  jadi PNS di Departemen Dalam Negeri . tahun 1994  bertugas di Kantor Catatan Sipil  Kabupaten Tangerang. Pengalaman tugas . menjadi  ajudan dan berbagai 12 SKPD  pernah bertugas. Dia juga pernah menjadi Ketua  RT. Ketua  RW.  Kelurahan dan  Kecamatan  pernah  mengabdi  tahun 2009 . bertugas di Tangerang Selatan . menjadi .Kabar Umum dan Perlengkapan. Kepala BPTI. Kepala Budaya dan Pariwisata serta  pernah Bertugas di Dinas Pemuda dan Olah Raga. Kesbangpol dan Dinas Pemadam.Kebakaran dan Penyelamatan

Diklat yang pernah diikuti antara lain  Bela Negara di Pusdik Ajudan Jendral TNI Angkatan Darat  Lembang Bandung. Diklat  Damkar. Diklat Rescue / Penyelamatan. Diklat Bela Diri Meliter, Diklat Terjun Payung, Diklat Penyelidik Pegawai Negri Sipil / PPNS Diklat Pelayanan Prima

Hobi:  Bertenak .Berkebun. Olahraga.Traveling . Kuliner dan Pencinta Seni Budaya.(REDI MULYADI)***


 

Post a Comment

0 Comments