DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Sekda Bambang Ekspos Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kepulauan Meranti


PEKANBARU – LHI.

Sebagai salah satu langkah strategis dalam mengakselerasikan penurunan Stunting di Riau, PT RAPP bersama Tanoto Foundation dan Yayasan Cipta menggelar Pengukuhan Komitmen dan Rencana Tindak Lanjut Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting.

Acara itu berlangsung di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru, Jumat, (9/3/2024) dan diikuti oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Riau dan seluruh TPPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Menjadi salah satu pemapar pada kegiatan tersebut, Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar selaku Ketua TPPS Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Bambang Suprianto SE MM, menyampaikan beberapa hal.

Percepatan penurunan Stunting, jelas Sekda Bambang, juga tidak lepas dari Komitmen Kepala Daerah dan seluruh unsur Pemkab Kepulauan Meranti dan pihak-pihak terkait.

Dimulai dari terbitnya Peraturan Bupati tentang Percepatan Penurunan Stunting, Penetapan Tim Monitoring dan Evaluasi 8 Aksi Konvergensi, Penetapan Tim TPPS, Rencana Aksi dan Rencana Kerja Prioritas Daerah, Sosialisasi, Rembuk Stunting, hingga terlapornya 8 aksi konvergensi di web Monev Bangda secara reguler dan tercapainya penurunan prevalensi stunting dari 23,3% di tahun 2021, hingga 17,5% di tahun 2022.

Lebih lanjut kata Bambang, saat ini Pemkab Kepulauan Meranti tengah mengeksekusi rencana tindak lanjut pasca program pendampingan dengan melakukan Penyusunan Tools Monev SKPP 8 Aksi Konvergensi Stunting, Penguatan peran TPK Kader dan TPPS Desa, Pengukuhan manajemen data, dan Monev SKPP secara reguler pada 8 aksi konvergensi Stunting.

"Atas rencana tindak lanjut tersebut, harapan kami dari Pemkab Kepulauan Meranti, kolaborasi yang baik ini dapat terus berlanjut ke peningkatan sasaran fisik dan memberikan efek nyata di masyarakat sehingga memenuhi target-target kita kedepannya," ujar Sekda Kepulauan Meranti itu.

Diakuinya, banyak praktik baik yang di dapat Pemkab Kepulauan Meranti pasca pendampingan tersebut. Plt Bupati Asmar melalui Sekda Kepulauan Meranti menyampaikan apresiasi kepada PT RAPP atas program pendampingan yang telah diberikan.

"Sejak dilaksanakan kesepatakan kerjasama di juli 2022, banyak praktik baik yang kami terima dari program pendampingan ini, untuk itu Plt Bupati Kepulauan Meranti, atas nama pribadi dan Pemkab Kepulauan Meranti, sebagai Ketua TPPS, menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada PT. RAPP, Tanoto Foundation, dan Yayasan Cipta atas pendampingannya dalam mendukung upaya percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Kepulauan Meranti," ucapnya.

Hadir mengikuti kegiatan tersebut, Jajaran PT RAPP, Tanoto Foundation dan Yayasan Cipta, TPPS Provinsi Riau, TPPS 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Forum CSR Provinsi Riau, Universitas/Akademisi, dan tamu undangan. (RAMLI ISHAK/Diskominfotik)

Post a Comment

0 Comments