DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Ketua Umum DPP Granat Resmi Melantik Pengurus DPC dan DPAC Kab.Mesuji

 

 


MESUJI----
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Gerakan Nasional Anti Narkotika (DPP Granat) resmi melantik Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Kabupaten Mesuji dengan jumlah 120 peserta Periode 2024-2029 di Gedung Serba Guna Taman Kehati Mesuji, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Jumat (08/03/2024).

Hadir dalam pelantikan tersebut Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Lampung Brigjen Pol Budi Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., Kapolda Lampung yang diwakili Direktorat Res Narkoba Polda Lampung Kombes Pol Erlin Tangjaya, S.H., S.I.K., Ketua DPD Granat Provinsi Lampung H. Toni Eka Candra, Penjabat Bupati Mesuji Dr. Drs. Sulpakar, M.M., Kapolres Mesuji, Perwakilan Dandim 0426 Tulang Bawang, Perwakilan Kajari Mesuji, Perwakilan Ketua Pengadilan Agama Mesuji, Kepala Badan Narkotika Kabupaten Lampung Timur, Perwakilan DPC Granat Kab/Kota se-Provinsi Lampung, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat, Kepala Bagian, Camat, Kepala Desa di Lingkup Pemda Mesuji, perwakilan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mesuji dan perwakilan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mesuji.Begitupun dengan antusias hadirin yang mencapai 1700 peserta.

Ketua Umum DPP GRANAT Prof. Dr. Henry Yosodiningrat, S.H., M.H. mengatakan, dibentuknya sebuah lembaga GRANAT yang berada di seluruh penjuru daerah di Indonesia merupakan suatu gerakan bersama dari setiap lapisan elemen masyarakat bertujuan membantu pemerintah dalam pencegahan dan memberantas penyalahgunaan Narkotika perusak generasi.

Dalam pelantikan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos. di lantik sebagai Ketua DPC Kabupaten Mesuji oleh Ketua DPD Granat Provinsi Lampung H. Toni Eka Chandra dengan dihadirkan langsung Ketua umum DPP GRANAT Prof. Dr Henry Yosodiningrat, S.H., M.H.

"Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT), merupakan sebuah organisasi sosial kemasyarakatan yang konsen membantu upaya pemerintah dalam memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba," ungkap Henry.

Dia berharap semakin luasnya jaringan pengurus lembaga GRANAT yang terbentuk di setiap wilayah mampu menjadi salah satu ujung tombak kemitraan yang baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan aparat penegak Hukum TNI/Polri dalam pencegahan peredaran narkotika yang semakin merusak generasi bangsa.

Diresmikannya jajaran pengurus tersebut di lantik disertai dengan pembacaan Ikrar dan Sumpah Janji oleh seluruh jajaran pengurus untuk setia dan berkomitmen sebagaimana Tufoksinya.

Mengawali sambutannya Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menyampaikan selamat datang di Kabupaten Mesuji yang memiliki semboyan Bumi Ragab Begawe Caram  kepada seluruh tamu undangan baik dari DPP Pusat, DPP Provinsi, Forkopimda, Kepala Sekolah se-Kabupaten Mesuji dan seluruh undangan yang hadir.

"Kabupaten Mesuji yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 49 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Mesuji di Provinsi Lampung, memiliki luas 2.200,51 km2, dengan jumlah penduduk saat ini mencapai 236.447 jiwa, terdiri dari 7 kecamatan dan 105 desa. Dengan kondisi Kabupaten Mesuji sebagai 'pintu gerbang' Provinsi Lampung, memiliki tingkat kerawanan yang tinggi dalam peredaran narkoba, terutama pada daerah perairan. Jauhnya lokasi dan kurangnya pengawasan, serta kurangnya kesadaran masyarakat menyebabkan peredaran narkoba di wilayah tersebut. Selain itu, tingkat perjudian dan peredaran minuman keras juga cukup tinggi," ujar nya.

Untuk itu, pihak nya sangat mengapresiasi dengan dibentuknya Kepengurusan DPC dan DPAC GRANAT Kabupaten Mesuji ini, dengan harapan kehadirannya dapat memberikan andil yang besar dalam upaya pemberantasan peredaran narkoba di Kabupaten Mesuji.

Pemerintah Kabupaten Mesuji berkomitmen untuk terus melakukan upaya pemberantasan narkoba, dengan senantiasa bekerjasama dan berkoordinasi dengan Polda Lampung melalui Polres Mesuji.

Namun demikian, tentu nya pemberantasan narkoba memerlukan penanganan yang harus melibatkan seluruh pihak, yakni Pemerintah Daerah, aparat keamanan, aparat desa, lembaga anti narkoba, serta seluruh elemen masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji saya ucapkan ‘selamat’ kepada Pengurus DPC dan DPAC GRANAT Mesuji yang telah dilantik. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab," lanjut nya.

Mengakhiri sambutannya Sulpakar berpesan kepada pengurus yang dilantik agar menjadi contoh tauladan ditengah masyarakat dan menjaga nama baik organisasi, semangat patriotisme dapat diwujudkan dengan program nyata dan narkoba adalah musuh bangsa. Serta dapat bekerja dengan baik dan mampu membantu serta mendukung tugas-tugas pemerintah dan aparat penegak hukum dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN) khususnya di Kabupaten Mesuji guna terwujudnya masyarakat yang aman, maju, adil makmur sejahtera, mandiri, bermartabat dan bebas narkoba, dengan terus memupuk, menjaga dan menjalin persatuan dan kesatuan, kebhinekaan, cinta damai, dengan semangat gotong royong.(RANDI EFENDI)****

Post a Comment

0 Comments