PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Ratusan Warga di Kota Banjar Rela Mengantri Untuk Mendapatkan Beras Murah SPHP

 



Banjar,LHI

Ratusan warga di Kota Banjar rela mengantri untuk mendapatkan Beras murah SPHP dari jam 08.00 WIB, bertempat di Halaman Taman Pusdai Kota Banjar, Jawa Barat  Senin(26/02/2024).

Ratusan warga Kota Banjar merasa senang membeli beras dengan harga murah. Meski dibatasi hanya dapat satu orang satu karung beras SPHP.

Yeni seorang warga Kota Banjar mengatakan, dirinya hanya mendapatkan satu karung beras murah berisi 5 Kilogram. Dengan adanya beras tersebut sementara bisa mencukupi kebutuhannya saat ini.

Ia pun kini cukup berat dengan harga beras yang kian hari kiat meningakat mencapai Rp 17 ribu  kilogram. Apalagi dengan penghasilan yang ia kini dapatkan dari usahnya tidak begitu banyak, ia dapatkan hanya Rp 50 ribu perhari."Berharap dengan adanya pasar murah ini bagi masyarakat Kota Banjar bisa dilakukan secara rutin juga atau tiap bulan, untuk mengurangi beban warga saat ini,"

Menurutnya beras tersebut mencukupi kebutuhan makan keluarganya selam satu minggu kedepan.

Ia membeli beras SPHP dengan harga  Rp 54,500 per karung. dan ia pun mengahapkan pasar murah ini bisa berlanjut secara terus."Dapatkan satu kantong isinya 5 kilogram. Kalau dibilang kurang, ya sangat kurang.tapi kita dijatah cuma satu karung,"ujarnya.


Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Usaha kecil Menengah dan Perdagangan (DkUKMP) Kota Banjar Sri  Sobariah saat ditemui Awal Media LHI ia pun menyampaikan, untuk saat ini membelian beras SPHP kita batasi cuma satu karung. Karena kuotanya untuk pasar murah ini terbatas juga.

Dari jumlah beras stabilisasi pasokan setta harga beras (SPHP) yang kini untuk pasar murah sebanyak 4,5 ton. Adapun harga satu karungnya beras SPHP Rp 45.500 per karung dengan isi 5 kilogram.

"Untuk kuota awal ini kita 3 ton, karena masih banyak masyarkat Kota Banjar yang ini belum mendapatkan, jika pun ada kuota tambahan sebanyak 1,5 ton, syaratnya bawa KTP saja," kata Sri.

Bila mana ada masyarakat Kota Banjar yang tidak mendapatkan beras, nanti akan kita informasikan atau disalurkan ke Toko-toko penyalur beras SPHP jadi jangan khawatir toko retail moderb penyalur beras SPHP.

Pj Wali Kota Banjar Ida Wahidan Hidayati mengatakan, diharapkan masyarakat mampu membeli beras yang saat ini khsus untuk beras premium dan medium saat mahal, jadi kita arahkan ke beras SPHP kita disini bekerjasama dengan Bulog harga Rp 10.900 ribu.

"Untuk saat ini kita mempersiapkan untuk Kota Banjar sebanyak 5 ton, dan untuk minyak harga 15 ribu, ada juga pasokan beberapa merek-merek tertentu yang memang dijual dengan harga yang murah karena kita sudah mengsubsidi,"ujarnya.

Dengan adanya pasar murah menjelang ramadhan ini ,Ia akan terus berkerjasama dengan Pa Bulog mengadakan operasi pasar lagi karena kita mengantisipasi harga premium dan medium dipasaran sehingga kita lebih kepada beras SPHP itu sendiri.

PJ Wali Kota Banjar Ida Wahidan Hidayati langsung memberikan secara simbolies kepada masyarakat dan membuka pasar beras SPHP..(ADE ARIS)***

 

Post a Comment

0 Comments