DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pj Wali Kota Banjar Membuka Kegiatan Festival Kirab Janur Tahun 2024

 



Banjar,LHI

Pj Wali Kota Banjar Dr.Hj. Ida Wahida Hidayati,.S.E.,S.H.,M.Si., membuka kegiatan Festival Kirab Janur (Helaran Seni) Tahun 2024. yang bertempat jalan Letjen Suwarto Kota Banjar, Sabtu (24/2024).Acara dihadiri oleh mantan Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana, Ketua DPRD Dadang R Kalyubi Kota Banjar,  Sekretaries Daerah Kota Banjar, Kapolres Kota Banjar, Kepala Dinas OPD dan tamu para undangan.

Kemerihaan ini jelas terlihat dari tingginya antusias warga Kota Banjar, menunggu acara dari pagi sampai kegiatan selesai. Mereka rela berpanas-panasan yang memadati ruas jalan yang dilalui oleh peserta Festival Kirab Budaya Janur Tahun 2024.

Festival Kureb Janur diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari dari perwakilan Desa/Kelurahaan se-Kota Banjar, adapun dari Bank BJB Cabang Banjar  ikut serta memeriahkan sekaligus juga sebagai Sponsor utama dari kegiatan Festival Kureb Janur tersebut.

Satu penampilan yang  menjadi daya salah satu  daya tarik Festival Kirab Budaya tahun ini adalah penampilan dari Marching Band Praja Institut Pemerintah Dalam Negeri yang turut serta memeriahkan pegelaran Festival Kirab Budaya Janur Tahun 2024.

Peserta yang ditampilkn ini adalah perwakilan dari tiap-tiap Desa/Kelurahan se-Kota Banjar,mereka menampilkan seni tradisi serta produk unggulan setiap daerah. Setelah melakukan perfom depan pangung utama, setiap Desa/Kelurahaan menyerahkan produk unggulan mereka masing-masing ke Pj Wali Kota Banjar.


Pj Wali Kota Ida Wahidan Hidayati menyampaikan, Festival Kirab Budaya Janur 2024 ini merupakan salah satu gambaran kesukacitaan masyarakat Kota Banjar dalam memriahkan Hari Jadi Kota Banjar ke-21 Tahun.

"Melalui ajang Festival ini, diharapakan akan ikut tumbuh serta berkembang pesat aset-aset Seni Helaraan di Kota Banjar  yang nantinya akan kita ikut sertakan pada ajang Fedtival Helaraan Seni Tingkat Provinsi,"tegasnya.

Lebih jelasnya, Pj Wali Kota Banjar juga mengharapkan dengan kegiatan seperti ini dapat mempunyai dampak yang positif bagi para pelaku seni dalam mengembangkan daya kreativitas serta inovasi dengan modal besar dasar kearifan lokal  masing-masing  Desa/Kelurahaan.

"Pergerakaan Budaya Asing dewasa ini kian gencar dan marak melalui kemajuaan teknologi, sehingga nantinya dikhawatirkan akan mengikis peradabaan budaya lokal yang penuh dengan filosofi yang sangat luhur. Untuk itu, Festival Kirab Budaya Janur ke-4 ini mengusung tema " Adiluhung Ajen Budaya Nanjung,"ujar Pj.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota banjar Hj. Kaswad menyampaikan, Alhamdulilah untuk saat ini pengelaran Budaya  Janur 2024 sukses adapun kegiatan ini dari Kabupaten Ciamis ada empat grup seni ikut dalm Kirab Budaya ini.

Kemudian juga tadi kita dimeriahkan juga dari Marching Band IPDN Bandung alhamdulilah meriah sukses. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi,ujar Kaswad.

Kaswad menambahkan, dalam menjanur supaya kita memelihara punya pohon kelapa karena di Banjar sekarang sudah mulai berkurang serta mulai punah. "Janur juga ini sebagai simbol ketika janur sendiri dapat kita pakai di seperti ada acara nikahan sebagi rasa persaudraan kebangaan  tentunya untuk persatuan,".

Dari kirab Budaya ini nantinya akan kita ambil juaranya karena tadi disini ada Tim penilainya, untuk juara satu dua dan tiga  nanti akan kita tampilkan dipergelarann Tingakt Provinsi Jawa Barat.

"Pengelaran Helaran Budaya Seni tadi banyak tampil-tampilan yang baru, seperti Wayang Geges dari jerami mudah-mudahan ini nantinya akan lebih bagus lagi dengan adanya kegiatan ini saya berharap, mari kita lestarikan kesenian dan budaya daerah untuk memperkaya kasanah kebudayan dan karakter Bangsa kita. Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai Budayanya sendiri,"pungkasnya.(ADE ARIS)***

Post a Comment

0 Comments