DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Hadiri Pra Musrenbang Zona Pantai Timur, Bupati H. Edimin Sampaikan Beberapa Usulan Kepada PJ Gubsu

 


Labusel,LHI

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin hadiri acara Pra Musrenbang RPJPD tahun 2025-2045 dan RKPD tahun 2025 Provinsi Sumatera Utara Zona Pantai Timur diselenggarakan di aula Melati, Kantor Bupati Asahan, Selasa (20/2/24).

Bupati H. Edimin menyampaikan dalam pidato dukungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara bahwa arah kebijakan pembangunan yang tertuang dalam Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2025 tentunya tidak terlepas dengan kebijakan yang diusung di tingkat Nasional maupun Provinsi.

"Pada kesempatan ini, saya menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan mendukung pencapaian prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara yang pada tahun 2025 mengusung tema Akselerasi Peningkatan Kualitas Pembangunan Sumatera Utara", ungkap Bupati

Tahun 2025 merupakan tahun keempat bagi saya memimpin Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam mengupayakan visi Labuhanbatu Selatan sejahtera dan bermartabat”, sambung Bupati

Berkat dukungan serta kolaborasi bersama antar stakeholder, maka telah dihasilkan beberapa capaian makro pembangunan sebagai berikut:

A. Laju Pertumbuhan Ekonomi

Pada tahun 2022, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebesar 4,74 persen. diharapkan roda perekonomian akan terus tumbuh dan ditargertkan mencapai 5,55 pada tahun 2025.

B. Persentase Penduduk Miskin

Persentase penduduk miskin Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada tahun 2023 sebesar 8,06 persen,turun sebesar 0,03 persen dari tahun 2022.

C. Rasio Gini

Pada tahun 2023, rasio gini Kabupaten Labuhanbatu Selatan berada pada 0,231. hal ini menandakan indeks gini Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengalami penurunan yang positif, jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang berada di angka 0,247.

D. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada tahun 2023 tercatat sebesar 3,43 persen atau naik sebesar 0,28 persen dari tahun 2022.

E. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

IPM Labuhanbatu Selatan 2023 sebesar 74.32 meningkat 2,16 poin dibandingkan capaian IPM 2022.

"Seiring dengan dinamika pembangunan dewasa ini, maka dokumen RKPD disusun tidak hanya untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, melainkan juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai harapan dan aspirasi masyarakat", jelas Bupati

Adapun dukungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam pencapaian target sasaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, antara lain:

A. Peningkatan kualitas sumber daya manusia, melalui:

- Menjamin akses jalan menuju sarana pendidikan dan kesehatan dalam kondisi baik

- Peningkatan literasi melalui perpustakaan daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan

- Penyediaan dukungan operasional untuk kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, penyediaan makanan pendamping asi, peningkatan germas.

B. Peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif, melalui:

- Pembinaan nelayan perikanan tangkap dan kelompok tani pembudidaya ikan

- Penyiapan UMKM dan IKM untuk difasilitasi menuju digitalisasi pemasaran.

C. Optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, melalui:

- Penyediaan data penerima manfaat pembangunan rumah tidak layak huni dan penetapan SK kawasan kumuh

- Akses sanitasi dan air bersih layak untuk mendukung percepatan penurunan stunting

- Peningkatan aksesibilitas antar wilayah di Kabupaten Labuhanbatu Selatan,

D. peningkatan tata kelola pemerintah yang berkualitas dan inovatif, melalui:

- Mempertahankan pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

- Peningkatan nilai sakip dan capaian indeks reformasi birokrasi

- Peningkatan penerapan inovasi daerah

Pada kesempatan tersebut Bupati H. Edimin menyampaikan beberapa usulan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dengan harapan dapat tertampung dalam RKPD dan APBD Provinsi Sumatera Utara tahun 2025 yakni :

A. Peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di desa aek  batu sebanyak 100 unit.

B. Pembangunan balai latihan kerja di dusun bangun jadi kecamatan kotapinang.

C. Penyediaan hewan ternak bagi kelompok tani yang tersebar di tiap kecamatan.

Serta usulan-usulan lain yang telah dimuat dalam laman Sistem Pengendalian Perencanaan Pembangunan Daerah (SEPPEDA).

Bupati H. Edimin berharap peningkatan status jalan Kabupaten Labuhanbatu Selatan menjadi jalan Provinsi."Kami mengharapkan perhatian bapak Gubernur Sumatera Utara perihal peningkatan status jalan Kabupaten Di Labuhanbatu Selatan menjadi jalan Provinsi. Yang mana, sampai dengan saat ini Kabupaten Labuhanbatu Selatan merupakan satu-satunya Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara yang tidak memiliki jalan Provinsi",harap Bupati

Terakhir Bupati H. Edimin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan siap mendukung pembangunan di Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu PJ Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyampaikan empat strategi pengembangan potensi daerah Zona Pantai Timur. Sehingga potensi yang berlimpah dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.“Pertama; meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), kedua; merevitalisasi sarana dan prasarana produksi yang lebih modern, ketiga; memperkuat kelembagaan ekonomi, dan keempat; peningkatan infrastruktur yang mendukung perekonomian,” kata Gubsu

PJ Gubsu juga menyampaikan empat isu utama Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 Provinsi Sumut kepada Dua Belas kepala daerah Zona Pantai Timur. Pertama, pengembangan SDM melalui peningkatan rata-rata lama sekolah dan penguatan peran Posyandu.

Kedua, pertumbuhan ekonomi inklusif dan pemerataan pembangunan dengan peningkatan produktivitas pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan. Ketiga, pembangunan infrastruktur dasar yang berkualitas, terutama peningkatan kemantapan jalan provinsi dan irigasi. Serta keempat, peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Turut mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Selatan H. Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP, para Assisten dan Staf Ahli Bupati, dan Pimpinan OPD..(IRHAM PULUNGAN)****

Post a Comment

0 Comments