DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Untuk Penguatan Gugus Tugas Lintas Budaya Nusantara Bali , Ketum Gernas GNPP Prabowo Gibran Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan Adakan Lawatan Ke Puri Puri Yang Ada di Pulau Dewata

 


TABANAN BALI ---
Ketum Gernas GNPP Prabowo-Gibran Anton Charliyan didampingi Ketua Divisi SDM Winston Joe dan Waketum Divisi Hukum Anita SH MH.   Selama berada di Pulau Dewata melakukan lawatan ke puri puri sebagai salah satu simbol kekuatan budaya peninggalan kerajaan-kerajaan Bali dimasa lalu. Yang pertama mendapat kunjungan adalah Puri Anom Tabanan di Kab Tabanan , sebuah puri peninggalan Kerajaan Tababan seluas kurang lebih 2,5  Ha dilengkapi dengan 7 bangunan khusus sebagai komplek kerajaan yang dinilai paling lengkap dan paling utuh yang ada di Pulau Dewata. Bangunan-bangunan tersebut   diperkirakan dibangun oleh Raja Tabanan ke 19 Raja I Gusti Ngurah Agung tahun 1810 M- 1843 M  yang terlihat sangat asri dan masih terawat dengan baik.

 Anton Charliyan dan Tim diterima langsung I Gusti Ngurah Oka Budhi Utama atau yang lebih akrab dipanggil Cok Oka sebagai tetua atau pelingsir di Puri Anom saat ini , dan Cok Ni Sagung Diana adik perempuanya. Selanjutnya Anton  antan Kapolda Sulsel yang lebih dikenal sebagai  Abah Anton tsb dibawa keliling melihat lihat  lokasi puri.

Dalam rangka lawatan tersebut, Ketum Gernas GNPP Prabowo Gibran  yang juga sebagai salah  seorang tokoh budaya nasional dari Tanah Sunda Jabar Banten. memberikan cendramata iket Sunda dan penghargaan sebagai Adi Luhung Ki Sunda Utama kepada Cok Oka dan Abdi Dalem utamanya, sebagai simbolis untuk menyatukan Sunda Besar dan Sunda Kecil serta menitipkan para anggota Gugus Tugas GNPP Lintas Budaya yang ada di Pulau Dewata. 

Cok Oka sebagai  tetua Puri Anom menerima dengan senang hati dan siap mendukung langkah & kinerja Gugus tugas Lintas Budaya Nusantara yang ada di Bali.

Hadir juga dlm acara lawatan Tsb Rifai Nasution staf Depimnas, Made Suartana dan Putu Arya dari Tim Bali. Acara walaupun sangat sederhana  berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan.(REDI MULYADI)***

 

Post a Comment

0 Comments