DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Plt Bupati Meranti H.Asmar Tinjau Pembangunan Jalan Poros Sungai Niur Dan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah



MERANTI -
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP Purn H Asmar meninjau Pembangunan Jalan Sungai Niur Alah Air dan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Senin, (22/1/2024).

"Hari ini kami meninjau progres pembangunan jalan sei niur, sekaligus memastikan bahwa pembangunan berjalan semestinya," ujar Plt Bupati.

Dia juga meyakinkan masyarakat yang hadir pada saat itu bahwa akan dikerjakan galian di kiri kanan jalan sebagai jalan keluar permasalahan banjir yang terjadi di lokasi.

"Dapat saya yakinkan kepada masyarakat, bahwa akan dibuat galian sepanjang 1,6 kilometer, untuk jalan keluar air, diharapkan akan meminimalisir genangan air di daerah ini," ungkapnya.

Terkait kerisauan masyarakat terhadap galian yang belum di turap akan meruntuhkan bodi jalan, Plt Bupati Asmar menyebut akan menindaklanjutinya dengan membangun turap.

"Pemda melalui Dinas PUPR telah merencanakan membangun turap, tentunya setelah galian parit selesai, jadi kami harap masyarakat tenang, intinya saya memberikan atensi khusus untuk pembangunan ini dan memastikan berjalan sesuai perencanaan," imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Kepala Bidang Bina Marga, Rahmat Kurnia menyebut pembangunan jalan poros Sungai Niur ditargetkan selesai tahun ini. "Jalan ini lebarnya 7 meter, ditargetkan tahun ini selesai," ujarnya.

Sementara itu untuk galian dan turap, Kepala Bidang Sumber Daya Air, Sugeng  mengatakan pihaknya tengah menyusun dokumen perencanaan. "Galian selebar 1 meter, kedalaman 1 meter, dikerjakan tahun ini, sementara untuk turap masih dalam perencanaan untuk proyeksi kegiatan tahun anggaran 2025," kata Sugeng.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Asmar turut meninjau lokasi TPA sampah, yang juga berada di jalan sungai niur.

Dia menyebut, pemkab telah menyiapkan lahan seluas 14 Hektar, dimana 7 Hektar nya di proyeksikan sebagai Tempat Pembuangan Akhir Sampah. "Sesuai perencanaan terdahulu, saat ini kita telah menyiapkan lahan seluas 7 Hektar sebagai TPA, yang mana saat ini sedang tahap koordinasi dengan Kementerian terkait untuk pembangunannya. Jadi nanti pembangunan ini melalui pendampingan dana dari APBN," kata Plt Bupati.

Dia juga menyebut bahwa jajaran terkait tengah memenuhi persyaratan administrasi, dan di proyeksikan TPA tersebut dapat beroperasi tahun ini. "Sebelumnya pihak kementerian minta lahan ini di buatkan sertifikat, saat ini sertifikat tanahnya sudah ada, jalan masuknya juga sudah kita buatkan, kita masih terus berkoordinasi agar TPA ini dapat segera disiapkan tahun ini juga," pungkasnya.

Turut mendampingi Plt Bupati, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Mahadi, Kepala Dinas PUPR Fajar Triasmoko, Camat Tebing Tinggi Husni Mubarak, Kabag Prokopim Alfian, Kabag Umum Tarmizi, Kabag Kesra Syafrizal, Kabid IKP Diskominfotik Dody Hamdani, sejumlah Pejabat, Kepala Desa dan masyarakat setempat. (RAMLI ISHAK / Diskominfotik)****

Post a Comment

0 Comments