DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Kunjungi Masyarakat Terdampak Banjir di Satria Tangko, Bupati Rohil Serahkan Bantuan Sembako

 



Rokan Hilir - LHI

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si didampingi ketua PKK Sanimar Afrizal kunjungi masyarakat terdampak banjir di Jalan Satria Tangko, Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Jumat (12/1/2024).Dalam kunjungan itu, Bupati juga menyerahkan ratusan paket Sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir sekaligus meninjau beberapa rumah warga.

Bupati Rohil dalam sambutannya menyebutkan bahwa, saat ini hampir seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil mengalami musibah banjir.

Namun, yang terparah dibeberapa Kecamatan yang ada diwilayah pesisir seperti Rantau Kopar, Tanah Putih, Pujud dan Tanjung Medan."Ada 11 Kecamatan yang terdampak banjir, bahkan Rantau Kopar seratus persen sudah tergenang dan masyarakat nya sudah mengungsi ke Duri," kata Bupati.

Untuk Kecamatan Bangko sendiri lanjut Bupati, hanya beberapa wilayah yang terdampak banjir dan masih belum tergolong parah seperti wilayah pesisir."Dalam peninjauan kali ini kita menyediakan 200 paket sembako yang dibantu oleh BUMD, Baznas, PKK, Komnas anak dan GRMB. Batuan kita masih banyak ada di Dinas Sosial, mudah-mudahan segera bisa kita salurukan," ujarnya.

Bupati menerangkan, musibah banjir kali ini merupakan banjir terbesar yang pernah terjadi. Bahkan, hampir semua Kabupaten maupun kota yang ada di Provinsi Riau terkena banjir.

Sehingga, Bupati mengingatkan seluruh masyarakat agar senantiasa berhati-hati dan selalu waspada terhadap musibah banjir yang terjadi. Sebab, musibah banjir di Kabupaten Rohil telah menelan korban jiwa seperti di sintong dan Sekeladi.

"Untuk itu masyarakat perlu waspada dan hati-hati dalam menjaga anak-anak nya. Kita saat ini sudah berada pada masa darurat banjir dimana sebelumnya masih siaga banjir," pesan Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta kepada pihak Kecamatan, Kepenghuluan hingga RT dan RW agar melakukan pendataan kepada seluruh masyarakat yang terdampak banjir."Kami meminta semua RT dan RW untuk berjalan mendata warga nya sehingga kami tau berapa warga kita yang terdampak banjir.  Semua pihak harus bekerjasama membantu pemerintah daerah, banjir ini juga menyebabkan beberapa penyakit seperti diare dan lainnya, bagi masyarakat yang terkena penyakit silahkan berobat dan itu gratis," pungkasnya.

Dalam peninjauan dan penyerahan bantuan Sembako itu juga dihadiri Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, para Asisten, Kepala OPD, Kabid IKP Diskominfotiks Juliandra SH, Camat Bangko, Penghulu Bagan Jawa serta berbagai unsur lainnya.(SB)

Post a Comment

0 Comments