DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Karta Agunpar dan Karta Mayora kolaborasi dalam Pelestarian Lingkungan dan Budaya.

Pangandaran, LHI.

Giat mengawali tahun 2024 Karang Raruna Mandala Yodha Nusantara Desa Harumandala (KARTA MAYORA) dan Karang Taruna Anak Gunung Parang Desa Jayasari (AGUNPAR) kembali berkolaborasi dengan kegiatan positif yakni camping dengan tema pelestarian lingkungan dan budaya. Minggu 31 Desember 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di puncak Gunung Parang. Adapun isi dari kegiatatan itu, diskusi bersama mengungkap sejarah lokal, bersih-bersih jalur wisata lokal Gunung Parang, perawatan Situs Budaya Makam Dorasembada dan penanaman pohon. Karena hujan deras beberapa agenda sempat tertunda dan akan di lanjutkan di kemudian Hari Harumandala dan Jayasari.

Ketua Karta Mayora Kang Emis Misbahudin merasa senang karena sudah dua Kali menjalin kerjasama sejak kepengurusan Yusup hingga saat ini. "Penting diketahui setiap orang udara yang bersih sangat menentukan kesehatan setiap makhluk hidup terutama manusia. Dengan adanya udara bersih, makhluk hidup bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik apalagi Kita ketahui bersama musim kemarau tahun 2023 warga/petani kekurangan air, dan kita memiliki tanggung jawab untuk berupaya terus melestarikan lingkungan melalui penanaman pohon agar sumber mata air tetap terjaga sebab tidak menutup kemungkinan jika tidak di lestarikan beberapa tahun yang akan datang akan kesulitan air dan yang paling terpenting dari kegiatan ini persaudaraan kita sesama pemuda terkhusus jayasari harumandala tetap harmonis., tutur emis

Pada kesempatan yang sama ketua karta AGUNPAR Angga sangat berterima kasih.  "Menurut saya karang taruna ini selain bergerak dalam bidang usaha usaha kesejahteraan sosial perlu pula di tanamkan pendidikan tentang bagaimana kita seharusnya berdampingan dengan alam (harmonisasi) menjaga alam tetap lestari, menjaga keanekaragaman tanaman dan tumbuhan yang menunjang keberlangsungan kehidupan, terutama di wilayah hutan lindung di masing-masing kami tinggal. Tak lupa dalam konteks pelestarian budaya seperti yang kami ketahui ada beberapa warisan situs budaya yang terdapat di gunung parang dan diwilayah geopolitik desa jayasari, hal ini tentunya kita sebagai pemuda dan generasi penerus masyarakat desa jayasari kita perlulah untuk bisa menjaga warisan warisan budaya tersebut tetap lestari dengan melakukan perawatan terhadap situs situs tersebut dan tetap melestarikan legenda maupun cerita dibalik beberapa situs budaya tersebut, yakni sebagai bentuk penghormatan kita sebagai generasi penerus terhadap leluhur kita.

Ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Sahabat sahabat anggota KARTA AGUNPAR dan sahabat sahabat KARTA MAYORA telah meluangkan waktu membersamai kegiatan ini, berbagi pengalamannya dan pengetahuannya. Semoga kegiatan yang ini berdampak dan bermanfaat bagi kami generasi hari ini khusnya karang taruna umumnya bagi masyarakat sekitar serta generasi yang akan datang. (AS)

Post a Comment

0 Comments