DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Gebyar KKN UNPAD Dan Pharmachamp, Bersama Membangun Desa Parakanmanggu



Pangandaran LHI

Universitas Padjadjaran (UNPAD) melaksanakan kegiatan Gebyar Kuliah Kerja nyata (KKN) dan Pharmachamp yang dipusatkan di wilayah Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, bertempat di aula desa parakanmanggu, pada Hari Kamis (18/1/2024).

Disela kegiatan gebyar KKN ini, Sandra Dirgantara selaku Dosen pendamping lapangan dari Universitas Padjadjaran manyampaikan, selama ini kita bersama Pemerintah Desa Parakanmanggu sudah beberapa kali melaksanaka kerja sama dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM).

Jadi disini kami memadukan antara kegiatan KKN dengan PPM, yang mana para Dosen yang datang ke Parakanmanggu ini merupakan Dosen Parmasi.

Sandra menambahkan, melalui kegiatan ini kami bersama mahasiswa tinggal di wilayah Desa Parakanmanggu untuk bersosialisasi bersama masyarakat parakanmanggu, dan alhamdulilah masyarakat menyambut kami dengan baik.


Dijelaskan Sandra, bahwa kegiatan ini juga sebenarnya projek utamanya adalah untuk meningkatkan Desa Parakanmanggu, ada dua topik yang utama, yang pertama adalah kita ingin meningkatkan di bidang stanting dan dibidang kesehatan, dan yang ke-dua adalah ekonomi kreatif, salahsatunya di bidang pemanpaatan tanaman tanaman yang berpotensial di parakanmanggu ini akan lebih bermanfaat lagi.

Salah satunya manggis, bersamaan dengan nama Desa Parakanmanggu yang memiliki ciri banyaknya penghasil manggu (manggis), disini kita dari Universitas Padjadjaran berupaya untuk meningkatkan nilai dari manggis ini lebih bermanfaat lagi.

" Salahsatunya nanti dibikin komunitas yang dapat kita jual, untuk dibuat samacam anti stanting dan kemudian kita akan berkoordinasi dengan Bupati Pangandaran untuk mendirikan sentral wisata manggis. Sehingga nanti ketika ada manggis, para wisatawan akan teringat dengan Desa Parakanmanggu, paparnya.

Jadi nanti ketika wisatawan datang ke Pangandaran ini bukan hanya melihat pantai saja, namun mereka akan tertarik untuk mendatangi central manggis yang ada di Desa Parakanmanggu.

Sandra menjelaskan, "Bukan hanya itu, sebenarnya banyak sekali bahan bahan alami yang potensial di parakanmanggu ini, salahsatunya kelapa, terangnya lagi.

"Kami sudah surpai, ternyata kelapa di parakanmanggu ini sangat potensial untuk kita jadikan semacam oleh oleh, misalkan Coconut Oil, sebetulnya sudah ada dilaksanakan oleh ibu ibu PKK, dang kita akan kembangkan lagi, sehingga kita ke depannya akan mendirikan mitra kelompok disini.

Nantinya setelah dibentuk mitra kelompok kita akan lebih mengembangkan, misalkan memberi bantuan alat atau dan lainnya, sehingga produk dari parakanmanggu ini dapat bersaing di pasar kelas nasional.

Jadi kita para dosen dan mahasiswa di parakanmanggu ini berupaya untuk memberikan informasi cara cara membuat pangan yang baik dan benar bahkan yang sehat, pungkasnya. (AS).*

 

 

Post a Comment

0 Comments