Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Pastikan Perayaan Malam Natal Kondusif, Kapolres bersama Bupati Kepulauan Meranti Lakukan Pengecekan Gereja dan Tinjau Pos Nataru

SELATPANJANG – LHI.

Kapolres Kepulauan Meranti terbaru yaitu AKBP Kurnia Setyawan SH SIk melakukan peninjauan dan pengecekan pengamanan di Gereja dan kesiapan di Pos Terpadu, Pos Pelayanan dan Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Minggu (24/12/2023) malam.

Peninjauan dilakukan bersama dengan Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, Danramil 02 Tebing Tinggi, Kapten (Inf) Tarman Sugianto, Wakapolres, Kompol Dodi Zulkarnain Hasibuan dan para PJu beserta personel gabungan TNI dan Polri.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memastikan bahwa semua pihak telah berkolaborasi secara maksimal dalam memastikan keamanan.

Peninjauan pertama dilakukan di Gereja HKBP Jalan Teuku Umar Selatpanjang dilanjutkan ke Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius dan Gereja GPDI Jemaat Tiberias di Jalan Yos Sudarso.

Dalam kunjungannya, Kapolres bersama dengan rombongan juga melakukan pengecekan kesiapan personel yang melakukan pengamanan malam Natal serta mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan, selalu humanis dalam setiap pelayanan dan jangan membedakan lapisan masyarakat dalam memberikan pelayanan.

Kunjungan itu dilakukan untuk memastikan keamanan serta kenyamanan umat Kristiani dalam menjalani ibadah Natal tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita sengaja datangi beberapa rumah ibadah umat nasrani, termasuk pos pengamanan natal dan tahun baru. Ini kita lakukan untuk menyakinkan bahwa kondisi keamanan dapat kita jamin dan mereka bisa beribadah dengan tenang dan khusyuk," kata Bupati Asmar.

Selanjutnya Kapolres, Bupati dan rombongan lainnya melakukan kunjungan ke Pos Pam Nataru Lilin Lancang Kuning 2023 sekaligus memastikan kelengkapan dan kesiapan personel yang terlibat dalam kegiatan pengamanan.

Selain itu Kapolres juga memberikan penekanan kepada personel terkait beberapa sarana inventaris sebagai kelengkapan perorangan penunjang pelaksanaan tugas yang harus dijaga dan dirawat.

Saat melakukan pengecekan kesiapan Pos Pelayanan dan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kapolres bersama Bupati membawa bingkisan makanan untuk diberikan kepada para anggota yang bertugas.

Kapolres Kepulauan Meranti terbaru yaitu AKBP Kurnia Setyawan mengatakan mengatakan pemantauan di Gereja dan pengecekan Pos Pelayanan dan Pengamanan Natal dan Tahun Baru untuk memastikan situasi Kamtibmas aman terkendali serta kegiatan para personil Polres di lokasi pengamanan.

AKBP Kurnia mengimbau seluruh anggotanya untuk selalu peduli terhadap masyarakat sekitar saat melaksanakan pengamanan di Pos Pelayanan.

Dia memastikan bahwa, di Pos Pelayanan, petugas menyiapkan berbagai kelengkapan yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ia juga mengimbau masyarakat agar memperhatikan faktor keselamatan saat melaksanakan mudik seperti menghindari penggunaan barang-barang berharga yang mencolok yang bisa membuat niat dari para pelaku kejahatan.

Selain itu ia meminta masyarakat melaporkan rumah kosong yang ditinggal mudik Natal dan Tahun Baru kepada kantor kepolisian setempat. Ia mengatakan, pihaknya akan berpatroli di rumah-rumah kosong tersebut untuk mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi saat ditinggal mudik pemiliknya.

"Silakan untuk dilaporkan kepada pihak kepolisian, nanti kita akan catat dan kemudian akan kita datakan dan akan kita lakukan patroli Blue Light untuk memastikan rumah-rumah yang ditinggalkan oleh masyarakat yang sedang melaksanakan mudik semuanya aman," ujarnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengingatkan kepada pemilik rumah yang ingin mudik

liburan Natal agar memastikan keamanan listrik dan lainnya saat meninggalkan tempat tinggal atau rumah.

"Masyarakat yang hendak mudik agar jangan lupa memastikan keamanan listrik di rumah masing masing dengan mematikan sambungan listrik dan juga memastikan semua barang elektronik dalam kondisi mati. Selain itu pastikan juga sambungan kompor aman dan pintu dan jendela juga sudah dipastikan terkunci," tuturnya.

AKBP Kurnia berharap, pelaksanaan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 ini dapat berjalan dengan lancar dan aman. (RAMLI ISHAK/Humas polres)

Post a Comment

0 Comments