DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati Rohil Hadiri Peringatan Hari Bakti PUPR ke-78 Tahun 2023


Rokan Hilir – LHI.

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si bersama ketua PKK Sanimar Afrizal hadiri syukuran hari Bhakti PUTR ke-79 yang digelar Dinas PUTR Rohil, Selasa (5/12/2023).

Peringatan hari Bhakti PU ke 78 yang diselenggarakan di kantor Dinas PUTR, Jalan Kecamatan Baagansiapiapi tersebut tampak juga dihadiri Wadanramil 01/Bangko Kapten Arh Simson Siregar, Ketua PKK Sanimar Afrizal, para Kepala OPD, Sekretaris DPRD Saraman Syahroni, Ketua MKA LAM Rohil Nasrudin Hasan, Kapolsek Bangko Kompol Ihut M.T Sinurat serta berbagai unsur lainnya.

Kepala Dinas PUTR Asnar dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Bakti PUTR ke-78, merupakan momentum bagi seluruh keluarga besar PUTR untuk terus meningkatkan nilai-nilai dan semangat untuk menjaga kekompakan, disiplin, militansi, pengabdian, dan sportivitas dalam bekerja.

Sejarah Hari Bakti PU lanjutnya, sangat erat kaitannya dengan pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat yang saat ini dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Hari Bakti PU diperingati untuk mengenang perjuangan petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum yang menjaga dan mempertahankan Gedung SAte dari pengepungan tentara sekutu (NICA) kala itu.

"21 petugas yang kala itu bertugas menjaga dengan segenap jiwa raga saat pengepungan yang terjadi mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dengan pertempuran yang sungguh tidak seimbang," katanya.

Petugas yang mempertahankan gedung sate tak pantang menyerah. Mereka melakukan segala upaya perlawanan dengan segala kekuatan yang dimiliki dan berujung gugurnya 7 petugas PU. Ketujuh petugas itu adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono.

Jenazah ketujuh petugas itu tak pernah diketemukan dan kemudian nama mereka dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna. Itulah sejarah Hari Bakti PU yang hingga kini terus diperingati oleh bangsa Indonesia khususnya lembaga yang mengampu Pekerjaan Umum.

"Hari tersebut juga menjadi inspirasi bagi para pegawai Departemen Pekerjaan Umum untuk terus berjuang mengabdi kepada nusa dan bangsa," terang Asnar.

PUTR Rohil sendiri sebut Asnar, telah melaksanakan berbagi pembangunan proyek strategis saat ini. Diantaranya pembangunan jembatan sintong, pembangunan gapura dan berbagai pembangunan infrastruktur lainnya baik jalan, jembatan maupun bangunan.

Pembangunan infrastruktur sebutnya lagi, merupakan program prioritas dibawah kepemimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong. Hal ini bertujuan untuk pemerataan akses di seluruh wilayah terutama daerah terisolir. 


Asnar juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil dan berbagai pihak yang telah turut serta memeriahkan peringatan hari Bhakti PUTR tersebut.

Ia juga berharap kepada seluruh jajaran PUTR agar menanamkan sikap bekerja keras, cepat dan tanggap dalam menjalankan setiap pekerjaan.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalan sambutannya menyampaikan ucapan selamat hari bhakti PUTR ke-78 kepada seluruh jajaran insan PUTR Kabupaten Rohil yang selama ini telah bekerja keras dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Rohil.

Bupati menyampaikan bahwa, Dinas PUPR sebagai leading sektor pembangunan infrastruktur di Kabupaten Rohil. Sehingga, dengan masa Bakti PUTR yang Ke-78 ini menjadi semangat dan motivasi untuk lebih bekerja keras dan membuat inovasi-inovasi membangun infrastruktur Kabupaten Rohil.

"Untuk semua pembangunan yang ada di Kabupaten Rohil tertumpu di PUTR, makanya kerja berat bagi PUTR menentukan semua pembangunan yang ada," katanya.

Bupati mengingatkan agar semua insan yang ada di Dinas PUTR agar terus bekerjasama dan menjaga kekompakan.

"Bekerja lah dengan baik dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Rohil. Saya berharap semua kita kompak dan saling bekerjasama yang baik," harapnya.

Dengan kondisi anggaran yang kurang memadai tambah Bupati, tidak semua pembangunan infrastruktur dapat terlaksana secara merata. Sehingga, kerja sama semua pihak baik perusahaan maupun para pengusaha sangat dibutuhkan.

"Seperti jalan menuju Kubu yang saat ini tengah rusak, jika berharap dana pemerintah maka tidak akan dapat teratasi secara maksimal. Makanya kita mencoba merangkul para pengusaha dan perusahaan yang ada untuk saling bahu membahu melaksanakan pembangunan, " paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta seluruh jajaran PUTR agar senantiasa kompak dan saling bekerjasama serta seluruh alat berat yang dimiliki Pemda Rohil harus senantiasa dalam kondisi baik dan siap pakai.

Peringatan Hari Bhakti PUTR ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati bersama ketua PKK Sanimar Afrizal. Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan bingkisan kepada purna PUTR dan santuna kepada anak yatim. (SB)

Post a Comment

0 Comments