PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Sekretaris Daerah H. Heri Wahyudi Membuka Acara Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2023



Labusel,LHI

Sekretaris Daerah H. Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP membuka Acara Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2023.Acara Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2023 diselenggarakan di Aula Lt 1 Kantor Bupati, Rabu (15/11/23)..

Sekda H. Heri Wahyudi M, S.STP, M.AP mengatakan, pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas Peraturan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Dapartemen Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor PHN.HN 03.05-73 tahun 2008 tentang Pembentukan dan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum dan Desa/Kelurahan,  untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik.

Dilanjutkan, Program Desa/Kelurahan Sadar Hukum ini diharapkan bisa melahirkan Desa/Kelurahan sadar hukum dan memberi dampak positif bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Program Desa/Kelurahan Sadar Hukum akan menjadi ujung tombak dalam membangun budaya tertib, disiplin dan patuh terhadap hukum formal dan adat, sehingga di Kelurahan maupun Desa terbangun keharmonisan hidup dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum.

Selanjutnya dengan memahami aturan termasuk mekanisme penyelesaian permasalahan hukum, kesadaran hukum warga diharapkan terus meningkat dan memberi dampak signifikan terhadap : "Ketertiban dan Kepatihan Warga Terhadap Hukum dan Peningkatan Kepatuhan Hukum Masyarakat".

Untuk mewujudkan peran aktif pelaksanaan fungsi dari Para Kader Kelompok Sadar Hukum (KADERKUM) akan menumbuhkan dan berkembang budaya taat hukum pada keluarga maupun lingkungan sekitarnya sebagaimana yang dicita-citakan. Selanjutnya cita-cita kita bersama menjadi masyarakat yang bijak dan taat hukum, semoga program dan kegiatan yang telah dan akan diselenggarakan dapat berjalan dengan baik tanpa ada halangan apapun.

Hadir sebagai Narasumber Kasat Binmas AKP. Hendri Surbakti, SH, dan Kabiro Satreskrim, Para Kader Kelompok Sadar Hukum (KADERKUM) @@@IRPAN PULUNGAN

 

Post a Comment

0 Comments