Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Kelompok 10 Menjalankan KKN Tematik di Desa Pusparaja 2

 


KKN merupakan kepanjangan dari Kuliah Kerja Nyata. Ini merupakan program mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral dalam kurun waktu tertentu.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya menjalankan KKN Tematik dengan dibagi menjadi 24 kelompok di 3 Kecamatan yang ada di Cigalontang, Leuwisari dan Sariwangi sert tersebar 12 kelompok di setiap Kecamatan dengan jumlah 14 orang disetiap kelompoknya.

Kelompok 10 Desa Pusparaja 2 menjalankan KKN Tematik dengan jumlah 14 orang yang terdiri dari berbagai bidang keilmuan/jurusan, diantaranya:

1.Suwondo Anjar Rifa'i       S1 Keperawatan

2.Hopipah Dewi Iriani          S1 Keperawatan

3.Devina Sinta Nuraisah    S1 Keperawatan

4.Muhammad Farhan Fadhillah    Teknik Mesin

5.Ferdi Atsani Mubarak       PTI

6.Saniawati   PTI

7.Enok Sinta Nur Hikmah   PGSD

8.Alda Dwi Feb         PGSD

9.Muhammad Prima Hamidy         BK

10.Rani Mega Utami            BK

11.Nida'a Maulida    BK

12.Indri Syania Zahra         BK

13.Lia Purwaningsih           BK

14.Berliani Putri Trysnawati           Teknik Pertambangan

Dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Yopa Taufik Saleh, M.Pd kelompok 10 mengambil tema "Desa Pintar", yang dilaksanakan mulai dari 10 Agustus sampai 10 September 2023 berlokasi di Desa Pusparaja Dusun 01 (Kp. Maleer) dan Dusun 02 (Kp. Babakan Kulon, Kp. Babakan Wetan, Kp. Baliwiri, Kp. Cibogo), Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut salah satu anggota Kelompok 10 KKN UMTAS ini difokuskan kepada pengabdian masyarakat dalam Peningkatan Literasi pada untuk Sekolah Dasar. Hal demikian dilakukan, dikarenakan daerah lokasi KKN Kelompok 10 banyak anak usia 7-12 tahun secara aktif bersekolah Dasar di SDN 1 Psuparaja dan SDN Puspamulya, kedua sekolah ini menjadi pusat pendidikan Anak Sekolah Dasar khusunya di Desa Pusparaja dan tepat berada pada lokasi KKN kami.

Pada awal kegiatan KKN ini kelompok 10 melakukan observasi terlebih dahulu kemudian Menyusun program yang akan dilaksankan pada 2 sekolah formal dan non-formal. Pada sekolah formal kami melakukan program, diantaranya:

1.Peningkatan Literasi Melalui Pojok Baca dikelas, program ini dilakukan untuk membiasakan anak-anak membaca. Program ini dilakukan dengan membiasakan anak-anak selalu membaca buku yang ada dipojok kelas setiap pagi sebelum pembelajaran kemudian diriview kembali setelah dibaca untuk mengetahui daya ingat anak. Lalu, anak-anak juga diajarkan untuk merawat pojok baca dikelas.

2.Peningkatan Literasi Melalui Games/Ice breaking, program ini dilakukan dengan menyelipkan permainan yang menguji konsentrasi dan daya ingat anak.

3.Peningkatan Literasi Melalui Mading Pintar, program ini bertujuan agar anak-anak mampu mengekspresikan dari apa yang mereka ketahui dan mereka baca. Program ini juga meningkatkan kreatifitas anak untuk dapat mengembangkan Mading supaya lebih menarik dan edukatif.

4.Peningkatan Literasi Melalui Eksperimen dan Aplikasi IPA Sederhana, program ini dilakukan untuk meningkatkan ketertarikan anak-anak dalam belajar. Kemudian program ini disusun untuk mengimplementasikan teori IPA yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari melalui eksperimen sederhana.

5.Pelatihan Upacara, program ini dilakukn untuk meningkatkan literasi dan juga kecintaan terhadap NKRI.

6.Pelatihan Pramuka, program ini dilakukan untuk mendukung anak-anak dalam pembelajaran melalui ekstrakulikuler. Selain itu juga meningkatkan kedisiplinan anak-anak.

7.Pelatihan Olahraga, program ini dilakukan untuk mengedukasi dan membiasakan anak-anak memiliki pola hidup yang baik dengan memperhatikan kebugaran jasmani yang baik dan benar,

8.Pelatihan Seni Sunda, program ini dilakukan untuk meningkatkan literasi anak-anak terhadap budaya sunda serta anak-anak diharapkan bisa melestarikan kebudayaan sunda. Selain itum untuk mempersiapkan pada ajang lomba mendatang.

9.Pengenalan Dasar-dasar Komputer, program ini dilakukan untuk meningkatkan literasi mengeni computer dan teknologi digital.

Selain program utama diatas kami juga melakukan program pendukung, diantaranya: Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan menerapkan Cuci Tangan yang baik, Cek tensi pada Ibu-ibu pengajian di Kp. Maleer dan Dusun 02, ikut serta dalam kegiatan Posyandu, Ikut serta dalam peringatan Hari Kemerdekan di Kp. Maleer dan Desa Pusparaja kemudian kami juga melaksnakan program Al Islam Kemuhammadiyah berupa silaturahmi dengan Pimpinan Muhammadiyah baik PCM Cigalontang, DKMM Cigalontang, PCNA, Aisyiyah dan jajarannya. Dikarenakan didaerah lokasi focus KKN kami tidak ada Ranting Muhammadiyah jadi kelompok 10 mengimpilementasikan dengan menanamkan jiwa Kemuhamadiyahan dalam kehidupan sehari-hari kemudian dalam kegiatan keagaamaan kami juga membangun literasi di Madrasah Kp. Maleer.

Melalui kegiatan KKN ini kami dapat mengamati dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi sebuah desa atau lingkungan masyarakat. Dalam prosesnya tentu akan terjadi interaksi antara kami mahasiswa KKN dan warga setempat. Hal ini yang kemudian membangun komunikasi dan kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar.

Setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan, namun kenangan yang berharga takkan pernah hilang. Semoga dedikasi kelompok 10 yang telah diberikan dapat bermanfat dan menjadi suatu hal yang berharga sehingga dapat terus dikembangkan untuk masyarakat Desa Pusparaja khusunya Dusun 01 dan Dusun 02.(****

 

Post a Comment

0 Comments