DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Gandeng TNI dan Pemda, Polres Meranti Lakukan Penamaan Pohon Serentak


MERANTI – LHI.

Mengusung tema Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini, Polres Kepulauan Meranti Polda Riau, Rabu (23/8/2023) pagi, bertempat di Mapolres, menggandeng TNI dan Pemda untuk melakukan penanaman pohon.

Gerakan yang digagas oleh Polri tersebut berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Hadir dalam giat itu, Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH, para Pju Polres, Danramil 02 Tebingtinggi diwakili Serma Prabowo, Danpos AL Selatpanjang Kapten Laut (P) Amrizal, Kadis Perkimtan LH Kepuluan Meranti Syaiful Bahri ST, Pengurus Bhayangkari Cabang Kepulauan Meranti personel Koramil 02 Tebingtinggi dan Pos AL Selatpanjang, dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Gogok Darussalam.

Sebanyak 2.345  batang pohon disediakan oleh Polres dan Polsek jajaran pada program penanaman serentak tersebut.

Untuk Polsek jajaran Polres Kepulauan Meranti, penamanan serentak dilakukan di wilayah hukum masing-masing.

Adapun rincian jenis pohon yang di tanam terdiri dari Ekaliptus  berjumlah 500 batang, mangrove 1.000 batang, Mangga 55 batang, Tabebuya 10 batang, Ketapang kencana 30 batang, Pinang 250 batang, Mahoni 50 batang, Matoa 50 batang, Kopi 250 batang dan Rambutan 50 batang.

Usai penanaman pohon, Kapolres bersama unsur yang hadir mengikuti zoom terkait penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kegiatan penanaman pohon secara serentak ini di gagas oleh Polri. Untuk di Meranti, kita menggandeng unsur TNI dan pemerintah daerah melalui Dinas Perkimtan LH. Tentunya ini sebagai bentuk meningkatkan sinergitas kita dalam melestarikan lingkungan yang hijau," ungkap Kapolres Andi Yul usai giat.

Tujuan dari kegiatan ini, sebutnya, untuk mengajak sekaligus menggalakkan seluruh elemen masyarakat agar menanam pohon.

"Dengan adanya gerakan ini, setidaknya kita berusaha untuk menciptakan lingkungan yang sejuk dikelilingi pohon-pohon yang rindang. Sehingga kondisi udara pun menjadi bersih," ajaknya.

Lebih lanjut, Andi Yul membeberkan bahwa Polri menanam kurang lebih 21 juta bibit pohon lewat program Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini.

Aksi ini, kata dia, telah memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Untuk diketahui, penanaman pohon secara serentak ini dilakukan oleh 34 Polda dan 510 Polres serta seluruh Polsek di Indonesia.

Kapolri Jenderal Sigit sendiri melakukan penanaman pohon dengan perwakilan kepala kepolisian negara sahabat di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). (RAMLI ISHAK/Humas Polres Meranti)

Post a Comment

0 Comments