PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Sukarelawan Ganjar Sejati Banjar, Bangun Bak Penampungan Air Untuk Pesawahan Tadah Hujan

Banjar, LHI,- Sukarelawan Ganjar sejati membangun bak penampungan air di salah satu lumbung padi di Kota Banjar yang terletak di Dusun Sindanggalih Desa Rejasari  Kecamatan Langensari Kota Banjar, Selasa (18/07/2023).


Pembangunan ini dilakukan dengan bergotong royong bersama para petani. Bak penampungan air ini diharapkan dapat mengairi lahan pesawahan tadah hujan seluas kurang lebih 60 hektar dan sawah disekitarnya.


"Kami dari Tim sukarelawan Ganjar sejati memprakarsai untuk swasembada pembuatan bak penampungan air untuk kelompok tani di Kota Banjar. Pembangunan ini rencananya hari ini atau dua hari ke depan sudah selesai." ujar Sugeng.


Sugeng Priyadi sebagai koordinator relawan mengatakan alasannya memilih lokasi tersebut dikarenakan merupakan salah satu lumbung padi di Kota Banjar yang selama ini selalu terkendala dalam pengairan dari saluran irigasi sungai citanduy.


Melalui kegiatan ini juga para sukarelawan Ganjar sejati turut memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai Bacapres 2024 kepada para petani setempat.


Karena selama ini para petani di Kota Banjar diakui sering mengeluh harga pupuk yang relatif mahal. Tidak hanya itu, merekapun merasa kesulitan mendapatkan pupuk dipasaran.


"Jadi keluhan petani yang paling penting adalah, membuat harga pupuk yang murah dan tersedia di Banjar." Harapnya.


Sugengpun mengatakan program di Kota Banjar saat ini sedang difokuskan untuk mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


Kepedulian para sukarelawan itu ditunjukan dengan mengadakan beberapa kali kegiatan pelatihan untuk para pelaku UMKM di Kota Banjar dan sekitarnya.


Sugeng menegaskan pada sektor lainya adalah UMKM. Menurutnya gerakan membantu para UMKM Banjar sudah beberapa kali mengadakan pelatihan, seperti pembuatan tahu dan pembuatan tape. (Ade Aris)

Post a Comment

0 Comments