PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Sekda Banjar Di Puncak Hajat Bumi Pulo Majeti 2023 Hormati Leluhur Banjar Patroman

Banjar LHI,- Puncak terakhir Hajat Bumi Pulo Majeti di pusatkan di Situs Polu Majeti Kecamatan Purwaharja Kota Banjar pada Selasa (25/07/2023).

Ngabumi merupakan salah satu upacara tradisional di Kota Banjar yang bertujuan sebagai bentuk penghormataan pada leluhur yang telah mewariskan kearifan dan berbagai pedoman tentang bagaimana juga kehidupan berprilaku antara manusia, alam, dan Tuhan.

Tradisi ngabumi ini digelar sebagai rasa wujud syukur kepada Allah SWT atas berlimpahnya hasil bumi ini yang telah di panen.

Kegiataan ini rutin dilaksanakan setiap Tahun khususnya di awal Tahun Baru Islam, dengan berbagai kegiatan atau rangkaian ritual budaya yang dilaksanakan selama dua hari mengelar beberapa kegiatan seperti seba Hasil Bumi, Ngalarung, Nyangreub, Istiqosah serta Pengajian dan Tarian Pohaci.

Sekda Kota Banjar H. Soni Harison AP.S.SOS.MSI mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan, sinergi serta kolaborasi dari seluruh budayawan dalam mau pun dari luar Kota Banjar yang telah memeriahkan kegiatan tersebut serta semua elemen masyarakat Pulo Majeti dan umumnya warga Kota Banjar.

Soni berjanji, akan menyiapkan fasilitas wifi gratis di situs Pulo Majeti dan akan memberikan bantuan Komputer bagi pengelola situs budaya Pulo Majeti.

Di samping ngamumule budaya sendiri, kedepannya kegiatan ini jadi daya tarik wisata budaya di Kota Banjar.

"Jika kegiatan ini digelar secara rutin serta dilakukan promosi kedaerah lain, maka ini akan menjadi magnet untuk para pengunjung datang ke Kota Banjar". Ucapnya.

Acara Hajat Bumi Pulo Majeti pun akan di tutup dengan pergelaran   Seni budaya Ronggeng pada malam harinya. (Ade Aris)

Post a Comment

0 Comments