DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Sejak Januari hingga April 2023 Terdapat 114 Anak di Kabupaten Tulangbawang Terdampak Tenyakit Tuberkulosis


Tulang Bawang,LHI

Penyakit TBC tersebut menyerang para anak-anak Newborn atau usia 0 hingga 4 tahun.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, Fathoni mengungkapkan pihaknya selama Januari mencatat terdapat 114 anak terdampak penyakit TBC.“Dari jumlah itu mayoritas menyerang anak-anak dengan usia 0 hingga 4 tahun,” jelasnya, Kamis (22/6/2023).

Menurut Fathoni lingkungan yang kurang bersih merupakan salah satu penyebab rentannya anak-anak usia dini terkena penyakit TBC tersebut.“Lingkungan yang kurang bersih atau tidak sehat, merupakan salah satu faktor penyakit tersebut menyerang anak,” paparnya.

Selain itu daya tahan tubuh anak yang rendah juga menjadi faktor cepat penyakit tersebut menyerang anak.“Daya tahan tubuh rendah, juga menjadi penyebab infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis itu cepat menyerang anak-anak,” ungkapnya.

Apalagi TBC merupakan penyakit yang cepat menular sehingga penting adanya tindakan pencegahan atau pembatasan terhadap seseorang yang terkena TBC.Dirinya menuturkan masyarakat bisa melakukan pencegahan dini penularan TBC pada anak.

Dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, serta menjaga lingkungan sekitar rumah tetap terjaga kebersihannya.“Penting juga dilakukan imunisasi BCG pada bayi yang baru lahir,” tuturnya.

Fathoni menjelaskan terdapat ciri-ciri khusus yang dapat dikenali bila anak terdampak TBC, seperti keringat berlebih di malam hari, hilangnya nafsu makan yang mengakibatkan berat badan turun drastis.Serta paling utama batuk yang berlangsung terus menerus hingga berjalan dua pekan, bahkan disertai demam.“Ciri-ciri itu dapat dilihat bila anak terdampak penyakit TBC, karena ciri-ciri tersebut hampir sama dengan gejala yang menyerang orang dewasa,” terangnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat sekitar agar segera memeriksakan ke petugas kesehatan terdekat, khususnya Puskesmas bilamana melihat gejala tersebut menyerang anak.“Segera lakukan pemeriksaan ke petugas kesehatan terdekat, bila terdapat ciri-ciri tersebut terlihat menyerang buah hati,” imbaunya. ( HOTEMANSYAH)****

 

 

Post a Comment

0 Comments