DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati dan Wabup Rohil Hadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-77

 


Rokan Hilir - LHI

Bupati dan Wakil Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP - H Sulaiman SS MH hadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Sabtu (1/7/2023).

Dalam upacara yang dipusatkan di taman Budaya, batu enam Bagansiapiapi tersebut,  Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto secara langsung bertindak sebagai Inspektur upacara.

HUT Bhayangkara ke-77 yang bertemakan "Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju" turut dihadiri ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kasi BB Kejari Rohil Abu Abdurachman SH, Forkopimda, Ormas, OKP dan berbagai unsur lainnya.

Selaku Inspektur upacara, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto dalam sambutannya menyampaikan amanat Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK, MH. Dimana, dalam amanat itu Kapolda menyampaikan ucapan selamat memperingati HUT Bhayangkara ke-77 dan menyampaikan ucapan terimakasih atas pengabdian seluruh jajaran Polda Riau dalam melayani masyarakat.

"Meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, saudara tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi sehingga dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif dalam rangka mendukung pembangunan nasional, " katanya.

Dalam amanat itu, Kapolda menyebutkan bahwa berbagai pengalaman sejarah selama perjalanan waktu 77 tahun ini, telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri lebih cerdas dan tegar dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam Negeri.

"Kita patut bersyukur, beberapa prestasi dan pencapaian kinerja Polri dewasa ini telah mendapat apresiasi dari Pemerintah dan masyarakat. Beberapa kasus menonjol dan meresahkan telah berhasil kita ungkap seperti Narkoba, illegal mining, illegal fishing, perdagangan manusia serta premanisme," terangnya.

Berdasarkan survei LSI politik Indonesia lanjut Kapolres, menyebutkan bahwa saat ini tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri mengalami peningkatan sebesar 73,2 persen pada bulan mei tahun 2023, dimana sebelumnya sempat menyentuh angka 62,6 persen di bulan september tahun 2022.

"Selain itu, pada aspek pembinaan masih ditemukan adanya oknum anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin, kode etik maupun pidana, sehingga menciderai nama baik dan menurunkan citra institusi," paparnya.

Meski demikian katanya, perlu di pahami bersama bahwa kesuksesan dan capaian Polri dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari bantuan elemen masyarakat serta instansi terkait. Oleh karena itu, Kapolda juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait.

Terkait dengan persiapan Polri dalam menghadapi agenda Nasional Pemilu serentak tahun 2024, dimana tahun ini telah memasuki beberapa tahapan dalam pelaksanaan nya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perkembangannya dan dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan.

"Menyikapi permasalahan diatas, seluruh anggota Polri khususnya Polda Riau selain tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan memihak dalam penyelenggaraan Pemilu juga harus mampu menentukan langkah-langkah proaktif. Sehingga potensi konflik yang ada dapat dikelola dan diantisipasi sedini mungkin, " sebutnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan beberapa pesan Kapolda Riau diantaranya, agar seluruh Personel senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa, menanamkan terus kesadaran diri bahwa profesi kepolisian yang dipilih merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat, bangsa dan Negara.

Kapolda meminta agar seluruh jajaran menginventalisir permasalahan di lapangan dalam penanganan konflik sosial, meningkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat, agar kehadiran aparat kepolisian tidak terkesan mendadak dalam menangani konflik komunal maupun tindakan anarkis lainnya.

Kemudian meningkatkan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum, pengemban fungsi kepolisian dan segenap pemangku kepentingan sebagai implementasi dari pendekatan sinergi Polisional guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024.

"Kepada segenap unsur pimpinan Polri di semua level, saya instruksikan untuk lebih memberikan keteladanan dan mempererat solidaritas baik internal Polri maupun dengan TNI guna memastikan pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan berkualitas, " harapnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-77 kepada seluruh jajaran Kepolisian terkhusus Polres Rohil.

"Selaku Pemerintah daerah dan mewakili masyarakat, kami menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Bhayangkara ke-77, semoga Polri semakin jaya," pungkasnya.(SB)***

 

Post a Comment

0 Comments