DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Serentak Melalui Zoom Meeting, Polres Meranti Launching Polisi RW

 


 

MERANTI - Polres Kepulauan Meranti, Rabu (14/6/2023) pagi, bertempat di ruang terbuka hijau (RTH) LAMR, jalan Dorak Selatpanjang menggelar Launching Polisi RW 2023 secara virtual  dan terhubung dengan Polda Riau.

Kegiatan itu dihadiri Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar, Dirpolairud Polda Riau Kombespol Wahyu Prihatmaka SH, Kabag Bin Opsnal AKBP Jogi Riau Samudra SH, Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH, Kajari Febrian M SH MH, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu SSos, Danposal Selatpanjang Kapten Laut Amrizal, Ketua KPUD Abu Hamid SPdI MSi, Ketua MKA LAMR Kepuluan Meranti H Ridwan Hasan, Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, para kepala instansi vertikal dan OPD, Camat, Kades, peserta apel dan Launching Polisi RW yang terdiri dari personel Polri, TNI, Basarnas serta pada Ketua RW.

Dalam sambutan dan arahannya, Plt Bupati Kepulauan Meranti H Asmar didampingi Kapolres dan Danramil 02, menyampaikan bahwa konsep Polisi RW yaitu memungkinkan terjadinya interaksi untuk memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembankan sikap yang positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami akan layanan yang dibutuhkan, menyadarkan komunitas pada posisinya yang sedang dilayani oleh polisi, serta membuka peluang untuk bekerjasama berusaha untuk mengendalikan masalah yang terdapat di dalam komunitas serta menerapkan prinsip community policing akuntabilitas.

"Lahirnya Polisi RW ini merupakan bagian dari arahan Kapolri yang menerjemahkan perintah Presiden RI agar polisi lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga sosok polisi sebagai pelindung, pengayom juga pelayan masyarakat bisa terwujud," ujarnya.

Dengan berbagai potensinya, lanjut Bupati, Polisi RW juga berpotensi memperkuat kelompok jaga warga, dengan bersinergi menjalin komunikasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat di lingkungannya

"Selain itu, Polisi RW juga diharapkan mampu memberikan informasi maupun mencari informasi, dengan memperhatikan berbagai situasi yang ada di masyarakat," harap Bupati.

Usai arahannya, Bupati bersama Kapolres melakukan pemasangan bet, rompi dan tanjak kepada perwakilan personel dan memukul gong prosesi Launching Polisi RW.

Kemudian, menyaksikan Lauching Polisi RW dari Polresta Pekanbaru melalui zoom yang dihadiri Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi didampingi Kapolda Irjen Pol Drs Mohammad Iqbal SIk MH, Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto SIk MSi, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun SSTp MAP, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian SIk MH, dan Dandim 03/01 Pekanbaru Kolonel Kav Yuli Eko Hadiyanto SSos.

Dalam arahannya, Kapolda Riau berharap TNI-Polri dapat bekerjasama dalam melaksanakan tugas-tugasnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman ditengah-tengah masyarakat.

"Sosok polisi harus menjadi pelindung, pengayom dan pelayan, sahabat membantu masyarakat, bikin masyarakat tersenyum. Buat mereka merasa aman dengan kehadiran polisi RW ini," pesannya.

Sementara itu, Gubri H Syamsuar, berharap agar Polri selalu menjalin kerjasama yang baik dan melibatkan seluruh organisasi di masyarakat, serta pemecahan masalah dengan baik.

"Dengan begitu, kita dapat mencegah munculnya gangguan kamtibmas. Bantu aktifkan kembali siskamling supaya berjalan dengan baik melalui masyarakat dan polisi," harap Gubri.

Lebih lanjut, Kakor Binmas Baharkam Polri Hary Sudwijanto menjelaskan bahwa dalam program Polisi RW ini, Polri dan masyarakat dapat saling memberikan informasi, saling sharing terhadap situasi dilingkungan RW."Jika ditemukan suatu permasalahan, Polisi RW ditugaskan untuk mampu mengidentifikasi suatu permasalahan, dan bersama masyarakat menyelesaikannya (problem solving)," tekannya.

Untuk diketahui, zoom meeting itu juga disii dengan dialog interaktif dan menyapa Polres jajaran( Polisi RW dan pak RW) oleh Gubernur Riau Syamsuar bersama Kakor Binmas Baharkam Polri Hary Sudwijanto. (PONIATUN/ Humas Polres Meranti)

 

 

Post a Comment

0 Comments