DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemkab Lampung Barat Menggelar Perhelatan Karisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak Ke-9 Tahun 2023



Lampung Barat,LHI

Perhelatan Karisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ke-9 Tahun 2023, yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan olahraga dan Pariwisata (Disporapar) resmi di tutup, Selasa malam (20/06).

Seperti diketahui, Karisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ke-9 digelar dari tanggal 18 hingga 20 Juni 2023 di Pelataran Lamban Pancasila.

Karisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ditutup langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M didampingi ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi Nukman, Forkopimda, perwakilan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Ismet Inoni, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, dan perwakilan sai batin Paksipak Sekala Bekhak. Serta turut disaksikan Camat, Lurah dan Peratin dan lapisan masyarakat yang turut hadir.

Dihadapan para tamu undangan, Pj. Bupati Lampung Barat menceritakan perhelatan Festival Sekala Bekhak tahun 2023 ini dilaksanakan secara sederhana, namun dikatakan Nukman, kendati digelar sederhana dirinya merasa bersyukur, sebab, Festival Sekala Bekhak kali ini merupakan tahun ketiga masuk dalam kalender Event Nasional. "Meskipun perhelatan Festival Sekala Bekhak kali ini kita gelar secara sederhana, namun tetap menapilkan konten-konten terbaik," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya mengungkapkan rasa syukurnya sekaligus bangganya, sebab hal tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Lampung Barat. "Sebuah prestasi gemilang,  tiga tahun berturut-turut kita bisa masuk dalam jajaran Event Nusantara," terangnya.

Untuk itu, Nukman menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) maupun pribadi, dirinya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Disporapar Kabupaten  Lampung Barat yang telah mengharumkan nama Lampung Barat di kancah Nusantara.

Selain itu, Nukman pun mengungkapkan rasa terimakasih sekaligus bangganya atas perhelatan Festival Sekala Bekhak tersebut, sebab dikatan Nukman, dengan digelarnya kegiatan itu dapat mengangkat berbagai Seni Budaya Lampung Barat yang keberadaannya saat ini sudah mulai hilang.

"Dalam hal ini saya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Festival Sekala Bekhak ini telah berhasil mengangkat Seni Budaya kita yang hampir punah," sebutnya.

Dirinya berharap, ke depannya perhelatan Festival Sekala Bekhak dapat dipertahankan bahkan harus ditingkatkan.

"Karena dengan adanya kegiatan Festival Sekala Bekhak ini selain salah satu upaya dalam melestarikan Seni Budaya yang ada di Lampung Barat, juga sebagai ajang promosi baik terkait produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun Seni Budaya," kata Nukman.

Sementara, Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi dalam hal ini diwakili kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Bobby Irawan, M.M., mengapresiasi perhelatan Festival Sekala Bekhak tersebut.

"Seperti kita ketahui, Festival Sekala Bekhak ditahun 2021 lalu masuk menjadi satu-satunya Event di Provinsi Lampung masuk kalender Pariwisata Nasional dalam program Karisma Nusantara," Jelas Boby irawan seraya menambahkan ditahun 2022 Festival Sekala Bekhak kembali masuk dalam 100 Event yang ditetapkan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI) sebagai Event Nasional.

Boby berharap, perhelatan Festival Sekala Bekhak merupakan wadah untuk menggali, melestarikan dan memperomosikan Seni Budaya Sekala Bekhak sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan di Lampung Barat.

"Dengan begitu secara otomatis dapat berpengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat," Paparnya.

"Selain itu juga merupakan wujud salah satu misi Kabupaten Lampung Barat yaitu menjadi kota Liwa sebagai kota Budaya," pungkasnya.

Sebagai puncak dari kegiatan Karisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ke-9, Pj. Bupati Lampung Barat didampingi ketua TP-PKK melakukan langsung penyerahan hadiah dari berbagai perlombaan.(NOPRI)***

 

Post a Comment

0 Comments