DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Apel PAM Pilkades 2023, KapolresPangandaran Harapkan Berjalan Dengan Aman dan Lancar


Pangandaran LHI

Guna memastikan kesiapan personel dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pangandaran, jajaran Kepolisian Polres Pangandaran.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, S.H., S.I.K. menggelar Apel kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Kab. Pangandaran Tahun 2023 bertempat di Mako Polres Pangandaran, Selasa (02/5/2023).

AKBP Hidayat, S.H., S.I.K. sebagai Pimpinan Apel mengatakan, Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, dimana masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa, Untuk itu dihimbau kepada semua anggota yang terploting untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pilkades.

Pilkades memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal karena masyarakat pemilih yang mungkin berbeda pilihan itu berdomisili di desa yang sama. Oleh karena itu, warga desa harus diberikan pemahaman dan kesadaran, untuk bisa menghormati pilihan warga desa lainnya dan menerima hasil pilkades dengan legowo.

"Masyarakat harus diberikan pengertian agar tidak mudah terpengaruh oleh hasutan atau fitnah yang dapat menimbulkan keresahan, Kalah dan menang dalam sebuah mekanisme yang demokratis merupakan hal biasa yang harus disikapi secara bijaksana,”ujar Kapolres Pangandaran.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Pangandaran  AKBP Hidayat, S.H., S.I.K. meminta personel apel agar bersikap netral dalam melakukan pengamanan pilkades, sehingga seluruh masyarakat bisa merasa nyaman dalam memberikan suaranya, juga Petugas di lapangan melakukan pengamanan sesuai SOP.

"Apabila muncul persoalan di lapangan, agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, Jika terjadi permasalahan saat Pilkades, segera sampaikan ke pimpinan untuk secepatnya diselesaikan,” Tutup Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, S.H., S.I.K. (AS).

 

Post a Comment

0 Comments