DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Ketua APDESI Kabupaten Tulang Bawang Mengecam Keras Atas Pemberitaan Dirinya yang Dituding Arogan.


Tulang Bawang,LHI

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tulang Bawang Hi. Bambang Sumantri AP, mengecam keras atas pemberitaan dirinya yang di tuding arogan atau naik pitam.

Menurutnya hal ini sengaja di buat-buat oleh oknum wartawan yang tidak tergabung di organisasi pers Se-Tulang Bawang."Saya bukan tidak tahu skenario yang di buat oleh sejumlah oknum wartawan lapangan itu, mereka tidak suka dana penunjang pembangunan (Publikasi) kampung di satu pintu kan melalui organisasi pers Se-Kabupaten Tulang Bawang. Berhubung keinginan mereka itu harus Masing-masing kampung yang mengelola dana tersebut jadi mereka semau-maunya menekan kepala kampung untuk memberikan Publikasi kepada mereka, sehingga dana kampung di berikan tapi tidak ada yang di publikasikan melalui media oknum Wartawan tersebut," kata Bambang.

Dikatakan nya, pada tahun 2023 tujuan Apdesi menata semaksimal mungkin dan telah menyerahkan kepada semua organisasi pers di Tulangbawang guna

ketertiban administrasi kampung masing-masing dalam pengelolaan dana publikasi.

"Ada juga kampung yang tidak tergabung dalam penyaluran publikasi di Apdesi sebanyak 66 kampung, dan itu saya rasa sudah cukup banyak untuk berbagi terhadap kawan-kawan yang tidak tergabung di organisasi pers," imbuhnya.

Terkait pemberitaan miring terhadap diri nya, Bambang mengatakan tidak mau menanggapi secara serius lantaran hal itu dinilai tidak mendasar dan terkesan mencari-cari.

"Biarkan saja, tidak usah di tanggapi karena mereka bermaksud menggubarkan kesepakatan kerjasama antara Organisasi Pers dan kepala kampung yang sudah bersatu dengan kita melalui Apdesi Tulangbawang, justru kita akan terus tingkatkan aturan yang bersipat profesional dalam pengelolaan dana desa," urai nya.

D jelaskannya, tujuan dari kesepakatan itu, tidak lain karena seluruh pihaknya tidak menginginkan terjadinya pelanggaran hukum dengan penggunaan Dana Desa tersebut, oleh karena itu saat ini telah terjalin kemitraan yang baik antara seluruh kepala kampung dengan seluruh organisasi pers yang ada di Tulangbawang.

"Alhamdulillah antara Kepala Kampung dan Rekan Media melalui Organisasi Pers di Tulang Bawang di tahun 2023 ini sudah mulai menjalin mitra kerja sama saling mendukung terkait perkembangan pembangunan kampung-kampung yang ada di Tulangbawang," Tutup pria yang akrab di sapa Uda ini.

Sementara, Puluhan Organisasi Pers Se-Kabupaten Tulangbawang yang di wakili oleh Ketua Solidaritas Pers Indonesia (DPD-SPI) Tuba, Junaidi Amrin, Mengapresiasi Pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tuba.

"Kami Apresiasi dan mendukung Apdesi yang telah mengajak puluhan kepala kampung yang termasuk pengurus Apdesi baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten, atas terjalin nya kemitraan guna hal positif dan mendukung kemajuan Tulangbawang," kata Junaidi.

Dikatakan nya, kerjasama tersebut juga tertuang dalam kontrak kerjasama dan tertib administrasi sesuai juknis semestinya."Bukti terjalin nya mitra kerja yang baik untuk mendukung pembangunan di kampung-kampung Se-Tulang Bawang adalah, kami telah membuat dan menandatangani kontrak untuk membantu mempublikasikan hasil pembangunan di kampung-kampung tahun 2023 ini, jadi ini semua ada landasan dan dasar hukum nya sesuai dengan regulasi yang ada," jelasnya.

Terkait pemberitaan miring di sejumlah media, Junaidi mengatakan dirinya tidak sependapat atas hal yang di nilai akan membuat kekisruhan kedepan."Disini sudah sangat jelas, Apdesi hanya sekedar mempasilitasi saja untuk menjalin mitra kerja yang baik antara kepala kampung dengan kami media yang di dalam nya ada puluhan Organisasi Pers yang sah berbadan hukum dan Legal, dan anggaran kampung atau Publikasi kampung kami nyatakan tidak ada indikasi karena itu semua transparan baik jumlah permedia, maupun penandatanganan MOU tersebut," ungkap nya.

Dalam akhir penyampaian nya, Junaidi mengajak kepada seluruh rekan media yang tidak tergabung di dalam organisasi pers untuk berfikir positif dan menjaga situasi kondusif serta mendukung atas segala hal baik guna pembangunan Tulangbawang yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Kepada seluruh saudara dan rekan media lain nya, saya mengajak untuk berfikir positif saja dengan aturan yang telah di terapkan oleh Apdesi Tulang Bawang, jangan sampai melangkah salah arah. Karena saat ini aturan semakin di tingkatkan agar rekan media dalam menjalankan tugasnya dapat profesional dan dan legal sehingga dengan semua pihak kita saling mendukung dan meningkatkan Pembnagunan yang nyata tidak katanya," tukasnya.( HOTEMANSYAH)

 

 

Post a Comment

0 Comments