DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemdes Tanjungmekar Laksanakan Program BSPS Terima Bantuan Bedah Rumah


Kab. Tasik ,LHI

Pencairan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang biasa disebut bantuan bedah rumah telah dilaksanakan di Desa Tanjungmekar kecamatan Jamanis,Penerima program Bedah Rumah telah dipilih dengan melihat tingkat ekonomi warga, kondisi rumah dan belum mendapatkan bantuan serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Adapun tahapannya melalui survey tingkat desa, perlengkapan syarat administrasi, pengajuan proposal ke pemerintah dan survey dari tim BSPS sendiri sebagai penentu akhir. Hasilnya ada 20 penerima yang layak mendapatkan bantuan BSPS.

Salahsatunya Keluarga Bapak Eje, ibu Uum (58), warga Kp Muhara RT 04/02 Desa Tanjungmekar salah satu penerima bantuan yang turut hadir di Balai Desa ,  ia mengucapkan syukur Alhamdullilah, bisa mendapatkan BSPS.

Rumahnya yang dahulu terbuat dari papan triplek dengan ukuran persegi dan beratap seng.

Sekarang ini dalam proses pembangunan rumah yang layak di tempati dan nyaman.“Terimakasih kepada Bapak Kepala Desa Tanjungmekar Bapak Ade Lukman Hakim AMD yang telah memberi bantuan BSPS kepada Kami Dengan adanya bantuan ini Kami dan keluarga bisa merenovasi tempat tinggal menjadi lebih layak”, dan nyaman ujarnya.

Pelaksanaan pembangunan dilakukan dengan melibatkan sanak keluarga Setiap penerima mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar 20 juta rupiah yang diperuntukkan 17,5 juta untuk pembelian bahan material dan 2,5 juta untuk membayar upah tenaga kerja. Apabila ada kekurangan menjadi tanggung jawab masing-masing penerima.

Dengan adanya program BSPS ini Kami inginkan agar peran masyarakat penerima bisa merasakan bantuan perumahan dari pemerintah agar yang tadinya tidak layak huni, menjadi layak huni, ungkap Ade Lukman Hakim AMD senin 27/03/2023

Kades Ade Lukman Hakim AMD menambahkan bahwa Program BSPS ini adalah bantuan dari pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana dan utilitas umumnya. Pelaksanaan Progran BSPS yang dilaksanakan Kementrian PUPR di seluruh wilayah indonesia, termasuk Desa Tanjungmekar kabupaten Tasikmalaya.

Adapun jumlah bantuan untuk setiap unit rumah sebesar Rp 20 juta dana tersebut diterima masyarakat dalam bentuk bahan bangunan bangunan senilai Rp 17,5 juta dan sisanya Rp 2,5 juta upah tukang. Direktorat Jendral perumahan juga menurunkan Tim pendamping masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan secara berkolampok, terangnya.

Kami selaku Kades Tanjungmekar mewakili warga kami yang mendapatkan perogram BSPS ini, Mengucapkan Terimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan Program BSPS ini unruk warga Kami. Semoga saja warga kami yamg mendapatkan program bantuan ini, tentunya dapat menikmati rumah yang layak huni Pungkasnya. ( YADI MULYADI) *

 

 

Post a Comment

0 Comments