DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Sekda Meranti Panen Raya Padi di Desa Topang


MERANTI
- Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, SE, MM menghadiri sekaligus membuka Panen Raya Padi bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Topang Kecamatan Rangsang, Senin (13/2/2023).

Panen raya ditandai dengan penyabitan padi secara simbolis oleh Sekda Bambang bersama Ketua DPRD Meranti H. Fauzi Hasan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ifwandi serta sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Desa Topang Syamsuharto mengatakan panen raya yang dilakukan merupakan keinginan para petani yang berladang di lahan lebih kurang 250 hektar di Desa Topang dengan tujuan agar pemerintah daerah dapat melihat secara langsung kondisi lahan pertaniannya.

"Dengan kehadiran ini, kami harap Pemkab dapat melihat langsung kondisi lahan para petani yang kekuatannya tergantung pada tanggul dan pintu klip. Kalau tidak dibenahi maka akan terjadi banjir," ungkap Syamsuharto.

Selanjutnya, dia juga menjelaskan bahwa kedepan para petani Desa Topang berencana menanam padi 2 kali dalam setahun. "Untuk itu diharapkan Pemkab dapat membangun jalan masuk menuju lahan pertanian masyarakat," harapnya.

Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, SE, MM menyampaikan salam dan permohonan maaf Bupati H. Muhammad Adil, SH, MM yang berhalangan hadir pada acara panen raya tersebut.

Menyingkapi penyampaian Kades Syamsuharto, Bambang mengatakan usulan tersebut akan disampaikan nantinya kepada  pimpinan. "Apa yang sudah disampaikan Kades tadi akan kita tangkap dan disampaikan kepada pimpinan," ujar Bambang.

Kemudian, Sekda juga mengatakan bahwa Pemkab sangat mendukung rencana para petani yang berkeinginan untuk menanam padi 2 kali dalam setahun. Hal itu juga merupakan harapan Pemkab untuk menjadikan Desa Topang sebagai pusat pangan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Terkait niat Kades menanam padi 2 kali dalam setahun, Bupati berjanji tahun ini akan membangunkan sebuah embung di Desa Topang, dan saat ini kita juga membawa mantan Kadis Pertanian Provinsi Riau Bapak Darmansyah yang diminta Bupati untuk memperkenalkan produk baru (benih padi korea) di Desa Topang," tambahnya.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako kepada warga terdampak banjir di Desa Topang.

Hadir dalam panen raya padi tersebut, Anggota DPRD Kepulauan Meranti H. Hatta, Asisten I Drs. Irmansyah, M. Si, Kalaksa BPBD, Kabid Satpol PP, dan perwakilan OPD terkait, Danramil Tebingtinggi, Danposal Selatpanjang, Kapolsek Rangsang, Babinsa, kelompok tani, dan masyarakat Desa Topang lainnya. (RAMLI ISHAK/ PROKOPIM)

 

 

 

Post a Comment

0 Comments