DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Takjub, Festival Kirab Budaya Janur Meriahkan Hari Jadi Kota Banjar Ke-20

Banjar, LHI,- Pemerintah Kota Banjar genap berusia 20 Tahun pada 21 Februari 2023. Peringatan Hari Jadi Kota Banjar kali ini mengambil semangat bertema "Tumbuh Berseri Bangkit Bersinergi". Pemkot Banjar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar menyemarakannya dengan gelaran kegiatan Festival Kirab Budaya Janur (Helaran Seni) bertempat di Jalan Let. Jen Suwarto Kota Banjar, Rabu (22/02/2023). 


Momen istimewa hari jadi Kota Banjar ke-20 dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di dampingi Wali Kota Banjar Hj. Ade Sukaesih, Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana beserta jajaran Pemkot Banjar,  Forkompinda, tamu undangan dan masyarakat Banjar hadir memenuhi sepanjang Jalan Let. Jen Suwarto Kota Banjar. 


"Saya atas nama Pemerintahan Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat Hari Jadi Kota Banjar ke-20 dan mendukung pelestarian pengembangan budaya di Kota Banjar". Ucap Kang Emil. 


Kadis Dikbud Kota Banjar H. Kaswad kepada LHI menerangkan bahwa Helaran seni mengangkat tema Festival Kirab Budaya Janur, hal itu agar menjadi icon Kota Banjar. Janur identik sebagai simbol Kebahagiaan, 'ingat Janur ingat Kota Banjar'.

Menurutnya untuk peserta di ikuti oleh seluruh Desa dan kelurahan se-Kota Banjar. Di meriahkan dengan pertunjukan gebyar pencak silat, Jesica dan bintang tamu Mabokuy serta Waliwi dari Kabupaten Ciamis. 


H. Kaswad menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kepanitiaan yang telah ikut andil mensukseskan jalanya kegiatan juga atas dukungan dari masyarakat Banjar yang hadir juga cukup tertib dan semuanya nampak senang meskipun cuaca lumayan panas.


Neni Susiyani selaku Kabid kebudayaan menambahkan kepada LHI, bahwa panitia Festival Kirab Budaya Janur disiarkan juga secara langsung oleh Dinas Kominfo Kota Banjar melalui kanal Youtubenya. 


Dari pantauan LHI sepanjang kegiatan nampak Perkotaan Banjar macet dipenuhi peserta Helaran seni yang antri bergantian hingga ke beberapa titik dalam kota. Begitu juga antusias masyarakat Banjar yang berdatangan hadir menonton ke arah pusat panggung nampak di jalan - jalan hingga gang padat merayap. 


Antusias para peserta Helaran seni dari 25 Desa dan Kelurahan se-Banjar nampak bersemangat tinggi meskipun hanya beberapa menit saja untuk menampilkan kreasi seni Budayanya dihadapan panggung utama yang di isi para pejabat Pemkot Banjar, Pemprov Jabar dan tamu undangan lainnya. 


"Kami menyediakan hadiah uang sebesar 5 juta rupiah dengan cara penilaian oleh tim juri bagi 3 peserta yang terbaik. Alhamdulilah secara umum kegiatan berjalan lancar aman dan sukses." Kata Neni.

Dipenghujung acara menjelang pukul 12.00 WIB, pertunjukan istimewa atraksi seni Barongsai memukau penonton dengan bersorak Sorai dan decak kagum. Ada sekitar 4 barongsai yang unjuk gigi saat itu dengan menyuguhkan keterampilan skill masing - masing. (E 14 Y)



Post a Comment

0 Comments