Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Wabup Meranti Hadiri Pelantikan PPK se-Kabupaten Pada Pemilu 2024

 


 

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kepulauan Meranti pada Pemilihan Umum tahun 2024 di Ballroom Grand Meranti Hotel Selatpanjang, Rabu (4/1/2023).

Pelantikan PPK Se-Kabupaten tersebut langsung dilakukan oleh Ketua KPU Meranti Abu Hamid, ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Ketua KPU dan diikuti seluruh Petugas PPK yang dilantik. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua KPU dan perwakilan PPK.

Seperti dijelaskan oleh Ketua KPU Abu Hamid, Pelantikan PPK Se-Kabupaten Kepulauan Meranti tahun ini dilaksanakan lebih pada tema persatuan kebangsaan, yang artinya dalam pelaksanaan pemilihan umum 2024 nantinya semua memilih pemimpin yang sejatinya mempersatukan berbagai macam kebudayaan, suku dan mempererat dengan berbagai macam politik, SARA dan sebagainya.

"PPK Se-Kabupaten Meranti yang dilantik kali ini terdiri dari 9 kecamatan yang berjumlah 45 orang, untuk tiap kecamatan terdapat 5 Petugas PPK," ujar Ketua KPU.

Wabup H. Asmar mengucapkan selamat kepada anggota PPK yang baru saja dilantik. Dia berharap selaku penyelenggara dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 dapat bekerja dengan jujur, adil dan berpegang pada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan tahapan, program dan jadwal yang telah ditetapkan.

"Berbanggalah dan bersyukur, karena saudara merupakan yang terbaik dan memenuhi persyaratan sehingga mendapatkan kesempatan untuk ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi, yang akan menentukan Kabupaten Kepulauan Meranti lima tahun kedepan," ucap Asmar.

Dengan pengambilan sumpah tersebut, Wakil Bupati berharap dapat menghasilkan PPK yang memiliki kualitas dan kompetensi yang bisa menunjang tugas sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

"Harus mengedepankan integritas, moralitas, dan netralitas agar tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan nantinya di Kepulauan Meranti," tambah Wabup.

Anggota PPK, katanya, harus terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawab serta memahami kode etik sebagai pelaksana pemilihan. Selain itu, juga harus bersikap netral dan menghindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra penyelenggara pemilihan.

Terakhir, Wabup H. Asmar berpesan kepada anggota PPK agar bersikap transparan, jujur, adil, dan objektif serta akuntabel dalam melaksanakan tugas. "Selamat bekerja dan berkarya, semoga bimbingan dan pertolongan Allah tercurah kepada kita," tutup Wabup H. Asmar.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG, Kajari Kepulauan Meranti Waluyo, Danramil Tebing Tinggi Kapten Arh. Isnanu, pimpinan OPD, Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua Bawaslu Syamsurizal, Camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua dan Anggota PPK se-Kabupaten Kepulauan Meranti, dan undangan lainnya. (PONIATUN/ Prokopim)

 

Post a Comment

0 Comments