Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Fasilitasi Alat USG di Seluruh Puskesmas



Meranti LHI

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Kesehatan menyediakan layanan pemerikssan Ultrasonografi (USG) diseluruh Puskesmas di 9 Kecamatan. Layanan USG disediakan untuk memudahkan ibu hamil melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan.

Muhammad Fahri Kepala Dinas Kesehatan menjelaskan dengan adanya pelayanan USG dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya Puskesmas yang berada diwilayah geografis jauh dari Rumah Sakit Umum.

“Dengan kondisi geografis kepulauan kita seperti ini, ibu hamil tidak lagi harus ke Rumah Sakit karena di Puskesmas sudah kita siapkan alat pemeriksaan kehamilan,” kata Fahri kepada media ini, Jumat (13/01).

Terkait SDM, ucap Fahri, kita sudah memberikan pelatihan khusus kepada dokter umum di masing masing Puskesmas untuk menggunakan dan membaca hasil USG tersebut.

Sementara, di tempat berbeda Kepala Puskesmas Alah Air Dr. Verani Alendra menyampaikan dengan adanya alat medis USG kita sangat terbantu untuk melakukan pemeriksaan perkembangan janin dan kesehatan Ibu Hamil.

“Tentunya, USG ini dapat menekan dan menurukan angka kematian ibu dan bayi. Sangat banyak manfaat dari USG ini khusunya untuk kami di Puskesmas Alah Air,” kata Verani.

Tersedianya fasilitas USG, bagi Ibu hamil diharapkan memanfaatkan pelayanan kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala dan melakukan konsultasi bersama dokter di Puskesmas. (RAMLI ISHAK)

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments