Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Program Jumat Curhat, Polsek di Meranti Tampung Beragam Masukan dan Keluhan Masyarakat

 


 

MERANTI - Polsek jajaran Polres Kepulauan Meranti, Polda Riau, Jumat (13/1/2023), kembali melaksanakan kegiatan Jumat Curhat bersama masyarakat.Beragam masukan dan keluhan masyarakat disampaikan kepada Polsek di masing-masing wilayah. Diantaranya, mulai dari pengaktifan siskamling, keinginan masyarakat untuk mendaftarkan anak-anaknya menjadi anggota Polri, potensi munculnya gangguan kamtibmas, hingga persoalan kendaraan sepeda motor yang pajaknya sudah mati atau habis masa berlaku.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, mengatakan bahwa program Jumat Curhat ini merupakan wujud nyata kehadiran Polri, serta bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat.

"Jumat Curhat ini menjadi wadah kita untuk saling bertukar informasi, menjalin hubungan silahturahmi, dan sebagai media untuk menerima masukan maupun keluhan dari masyarakat," ungkapnya.

Secara rutin, sebut Kapolres pihaknya terus menggencarkan program Jumat Curhat tersebut.

"Jadi, para personel kita arahkan untuk selalu siap memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada bagi masyarakat. Terlebih soal kamtibmas, kita tekankan untuk terus bekerjasama dengan semua unsur dalam menjaga dan memeliharanya," tutur Kapolres.

Untuk diketahui, kali ini Jumat Curhat Polsek jajaran Polres Kepulauan Meranti berlangsung dengan berbagai elemen masyarakat.

Seperti halnya Polsek Tebingtinggi yang menggelar Jumat Curhat bersama masyarakat di Kedai Kopi Simpang Puskesmas, Jln Pelajar Desa Alah Air Timur yang dipimpin Kapolsek AKP Gunawan SH.

Polsek Tebingtinggi bahkan membagikan nomor telepon dinasnya, agar warga mudah menghubungi jika membutuhkan bantuan polisi.

Mengajak masyarakat untuk menginformasikan sekecil apapun yang berkembang di wilayah hukum Polsek Tebingtinggi.

Terkait keluhan keamanan dari masyarakat, Kapolsek akan melakukan pengaktifan kembali sistem keamanan keliling (siskamling) di masyarakat sekitar dan akan membantu memberikan sarana kontak berupa Bet ronda malam, senter serta tongkat

Kemudian giat Jumat Curhat Ppolsek Merbau bersama masyarakat berlangsung di Mapolsek dengan dipimpin langsung Kapolsek AKP Aguslan SH.

Kapolsek Merbau menerima masukan dan keluhan keamanan ketertiban di lingkungan sekitar, hingga pengajuan pembuatan SKCK baru dan perpanjangan. Dimana, pihaknya bisa melayani penerbitan SKCK.

Termasuk keluhan masyarakat apabila ditemukannya orang yang melakukan perbuatan hukum, yaitu pencurian atau perbuatan lainnya.

Kapolsek AKP Aguslan menjawab bahwa terkait itu masyarakat boleh menangkapnya dalam hal ini tertangkap tangan masyarakat langsung melaporkan ke Polsek Merbau atau ke Bhabinkamtibmas agar dilakukan tindakan hukum terhadap pelaku.

Selanjutnya, kegiatan Jumat Curhat Kapolsek Tebingtinggi Barat dilakukan bersama Kelompok Nelayan Desa Alai di Wisata Alai Pesisir Jln Alai Laut.

Dengan dipimpin Kapolsek Iptu JA Lubis SH MH, Polsek setempat menerima keluhan dan masukan dari masyarakat terkait anak-anak nelayan yang ingin masuk menjadi anggota polisi (Polri).

Kapolsek menyampaikan bahwa siap memfasilitasi pendaftaran dan membimbing anak-anak Desa Alai yang ingin masuk menjadi anggota Polri.

Terkait soal abrasi pantai, Kapolsek menyampaikan akan berkoordinasi dengan Pemda tetang keluhan masyarakat akan abrasi pantai. Begitu juga dengan keluhan tentang kenakalan remaja, dengan mengintensifkan pelaksanaan patroli dan sambang ke anak-anak remaja.

Sedangkan Jumat Curhat Polsek Rangsang Barat berlangsung di pelabuhan Kempang Peranggas Desa Lemang bersama masyarakat, buruh dan tukang ojek.

Dalam giat dipimpin Kapolsek Iptu Benny A Siregar SH MH itu, Polsek Rangsang Barat merespon pertanyaan masyarakat tentang pajak sepeda motor yang sudah mati atau tidak aktif bertahun-tahun apakah ada pemutihan.

Selain itu, personel juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap kondusif.

Untuk Jumat Curhat Polsek Rangsang berlangsung di dua tempat, yakni di Kedai Kopi Nazira Jln A Yani Desa Tanjung Samak Jln Syarif Normat Desa Bungur Kecamatan Rangsang Pesisir.

Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora SH MH, mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Mengingat cuaca sudah memasuki musim panas.

Mengingatkan dan mengajak warga bersama-sama agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

Saran dan masukan dari masyarakat terkait dengan permasalahan kamtibmas, bisa direspon pihaknya melalui Bhabinkamtibmas atau nomor Call Center Polsek Rangsang. (RAMLI ISHAK/ Humas Polres Meranti)

 

Post a Comment

0 Comments