Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Polres Pangandaran Kembali Menggelar Giat Jum'at Curhat Dengan Pelaku Usaha Wisata Pangandaran



Pangandaran LHI

Polres Pangandaran kembali menggelar giat Jum'at Curhat dengan pelaku usaha wisata Pangandaran dalam menjaga kamtibmas kondusif demi memajukan usaha sektor wisata di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jum’at (30/12/2022).

Kembali nampak ramai di Pos 5 Sunset Pantai Barat Pangandaran, terlihat warga masyarakat dan pelaku usaha wisata bertatap muka dan berdiskusi bersama Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, SH, S.I.K dan Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol Arnapi, S.H., S.I.K., M.Hum bercerita tentang permasalahan yang dirasakan saat ini oleh para pelaku usaha wisata di pangandaran.

Salah satunya dialami para pelaku usaha rental ATV di pantai Pangandaran, pada libur natal 2022 lalu dan menjelang tahun baru 2023 Objek wisata Pantai Pangandaran sepi pengunjung, hal ini dampak dari berita-berita hoax tentang Pangandaran beberapa hari lalu, kondisi tersebut berimbas terhadap pendapatan mereka.

Dalam giat Jum'at Curhat yang di gelar Polres Pangandaran, melalui ketua paguyuban rental ATV, Dedi yg biasa disapa Darto menceritakan kondisi di libur Natal dan tahun baru tersebut, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, meski kini mendekati puncak Tahun baru wisatawan sudah mulai berdatangan.

"Dengan senang hati kami bisa langsung menyampaikan kegelisahan kami kepada Kapolres juga jajarannya atas kondisi Pangandaran saat ini,"ucap Darto selaku ketua umum Paguyuban Pengusaha Rental Wisata Pangandaran.

Para pelaku usaha Wisata Pangandaran sangat mengapresiasi Polres Pangandaran dalam hal menangani berita-berita hoax yang beredar tentang Pangandaran, termasuk kesiapannya dalam hal pengamanan di lokasi pantai juga jalur lalu lintas menuju obyek wisata. Kami hanya curhat saja kepada kapolres tentang kondisi pangandaran saat ini," ujar Darto.

Menurutnya, saat ini Alhamdulillah sudah mulai terlihat ada pengunjung yang berdatangan ke Obwis di Pangandaran dan ia berharap Pangandaran kembali normal dan terus didatangi banyak pengunjung sampai puncak tahun baru nanti dan kami dari paguyuban akan terus mempromosikan Pangandaran dan menyampaikan kondisi atau keadaan Pangandaran saat sekarang ke pada para wisatawan yang hendak berlibur dan semoga Pangandaran bisa normal dan perekonomiannya pulih kembali, harapnya.

Dalam kesempatan Jum’at Curhat Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat mengatakan, setelah melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha, yang salah satunya dengan Paguyuban rental di pantai Barat Pangandaran keluh kesah dan masukannya akan ditampung.

Kami dari Kepolisian memang perlu bertatap muka dengan para pelaku usaha saat ini, agar tahu apa yang di harapkan dan apa yang selama ini menjadi problem di lapangan.

"Dapat kita pantau bersama, tercatat saat ini pengunjung yang datang ke Pangandaran mulai ada peningkatan dan harapannya di malam tahun baru akan ramai pengunjung,"ucap Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat.

Bagi para pengunjung tidak perlu ragu lagi untuk datang ke Pangandaran, karena hari kemarin sudah ada pemaparan dari BMKG Bandung bahwa disampaikan wilayah Pangandaran aman untuk dikunjungi," ujar Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat.

Berita hoax-hoax yang beredar bisa kita tepis, Pangandaran saat ini aman, kalau persoalan tingginya gelombang laut di akhir tahun pangandaran pasti mengalami hal tersebut setiap tahun, jadi itu normal saja bagi Pangandaran," jelas Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat.

Polres Pangandaran bersama steak holder lainnya siap untuk melakukan pengaturan lalulintas dan pengamanan di beberapa titik lokasi pantai atau pun jalan dan Kami juga dibantu, diback up BKO lebih dari 100 personil tambahan dari Polda Jabar yang telah ditempatkan di Pospam dan Posyan lokasi wisata dan disepanjang jalur wisata yang ada di Pangandaran," ujar Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat.

Selain itu, untuk Destinasi di laut saja, ada BKO dari Direktorat Polair Polda Jabar yang ikut turun langsung ke Pangandaran untuk memantau kegiatan pengamanan. "Sekali lagi telah kita sampaikan kepada teman teman pelaku usaha dalam komunitas, paguyuban dan warga masyarakat lainnya agar menyampaikan bahwa daerah wisata di Pangandaran saat ini sangat aman untuk di kunjungi, Pangandaan sangat aman untuk Jadi Pilihan Libur penutup diakhir Tahun 2022," ungkapnya. (AS)

 

Post a Comment

0 Comments