Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Pemdes Pancur Jaya Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Menggunakan Bahan Baku Lokal T.A 2022  


Rupat,LHI

Pemerintah Desa Pancur Jaya gelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Pemuda Pemudi Desa Tahun Anggaran 2022.dengan menggunakan bahan baku lokal dari dana bantuan khusus Provinsi Riau.

Acara dihadiri Kepala Desa Pancur Jaya Hasan Basri,ST, dr. Nelya Sasmita Ketua TP.PKK Pancur Jaya sekaligus sebagai Narasumber, Sabsuandi,Amd Ketua BPD Pancur Jaya, Perangkat desa, Ketua RT/RW, dan Peserta Pelatihan yang terdiri dari ibu-ibu RT dengan jumlah peserta sebanyak  15 orang di Balai pertemuan desa, Kamis (29/12/2022) Pagi.

Dr. Nelya Sasmita dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Pemuda Pemudi Desa dengan menggunakan Bahan Lokal  difokuskan dengan meningkatkan dan memanfaatkan bahan local tanaman yang ada sesuai dengan program desa kita yakni Tanaman Rosella, Daun kelor, dan asam paya, yang bisa kita manfaatkan selain menjual bahan mentah tetapi juga bisa mengolah sendiri bahan-bahan tersebut untuk bisa di konsumsi sendiri. Ungkapnya.

Pelatihan ini kami khususkan kepada ibu-ibu RT dengan tujuan sebagai percontohan kepada yang lain untuk mengajak masyarakat desa meningkatkan bahan local produk menjadi bahan baku sebagai salah satu usaha sampingan dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Jelasnya.

Acara resmi dibuka oleh Hasan Basri,ST Kepala desa pancur jaya, pada kesempatannya mengatakan “Didesa kita saat ini sudah berlangsung program penanaman Rosella dan Kelor, Kami berharap kepada bapak ibu jangan hanya bisa menjual bahan mentah, karena disaat musim hujan , tanaman ini tidak bisa di olah karena tidak bisa dijemur dan akhirnya akan menjadi busuk, Namun kita bisa menyiapkan bahan tersebut menjadi bahan baku yang mana bisa bertahan lebih lama apabila disimpan dan juga selain kita jual di UP2k Mak Usu salah satu tempat pengolahan dan penjualan produk ungulan desa pancur jaya tetapi juga bisa kita pasarkan di apotik ucap kades.

Kita tidak hanya bisa usaha tetapi juga harus punya pengetahuan, dari itu kami berharap kepada peserta pelatihan, agar bisa betul-betul mengikuti pelatihan ini, yang akan di sampaikan oleh ibu kita dr.Nelya sasmita tentang tatacara pengolahan bahan mentah menjadi bahan baku dan cara menjadikan tanaman ini sebagai produk yang bisa kita gunakan untuk konsumsi sendiri. Tegas Kades.

Tambahnya lagi, Saya harap ilmu yang kita dapat pada hari ini bisa kita kembangkan nantinya dan pengetahuan yang kita miliki ini bisa dibagikan kepada masyarakat lainnya. Ucap kades."Semoga saja dengan adanya Pelatihan bisa melahirkan bibit-bibit wirasasta yg Tangguh di Desa Pancur Jaya"tutup Hasan Basri.

Acara berlangsung aman dan kondusif, dengan dilanjutkan praktek langsung kepada seluruh peserta pelatihan.(SUPRAPTO)***

 

Post a Comment

0 Comments