Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Bupati H.M Adil Serah 200 Paket Sembako untuk Warga terdampak Banjir Rob

 


 

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menyerahkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir di Gedung Serbaguna Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Minggu (25/12/2022).

Sebagai wilayah yang terletak di daerah pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti tak luput dari bencana banjir rob. Banjir rob akibat pasang-surut air laut sudah menjadi bencana tahunan di beberapa wilayah di Kabupaten Kepulauan Meranti salah satunya di Desa Insit, Mantiasa dan Desa Gogok Darussalam.

Untuk itu sebagai bentuk perhatian Pemkab terhadap warga terdampak banjir rob, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB), Bupati Kepulauan Meranti menyalurkan pembagian sembako.

Kepala Desa Gogok Darussalam Sugiyanto mengatakan banjir rob tahun ini mengakibatkan banyak kerugian bagi warga terutama yang berpenghasilan dari pertanian. Akibat dari banjir rob, banyak tanaman gagal tumbuh yang mengakibatkan gagal panen.

"Warga Desa Gogok pada umumnya memiliki mata pencaharian sebagai petani, jika air pasang dan banjir rob datang, maka petani petani kita mengalami kerugian, tanaman terendam air asin, kalau sudah terendam tentulah gagal tumbuh dan akhirnya gagal panen, pendapatan warga berkurang," ungkap Sugiyanto.

Kemudian Sugiyanto juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kepulauan Meranti atas penyaluran sembako tersebut, karena cukup membantu bagi warga terdampak banjir rob."Terima kasih Pak Bupati, karena bantuan ini memang sangat membantu warga kita, dimana warga kita yang khususnya petani, pendapatan nya jadi berkurang karena banjir rob ini," tambahnya.

Menyikapi keluhan tersebut, Bupati H.M Adil menyampaikan rasa prihatin atas bencana tahunan yang hampir tak dapat dielakkan itu. Bupati juga menyampaikan kepada warga terdampak, selain bantuan Sembako nantinya akan ada bantuan bibit baru bagi petani petani yang bibit nya mati karena terendam banjir.

"Nanti kita minta kepala desa melalui penyuluh pertanian untuk kembali mendata petani yang terdampak banjir rob ini, dan datanya nanti diserahkan kepada Dinas Pertanian untuk di-follow up agar diberi bantuan bibit baru," jelas Adil.

Selain itu, Bupati juga meminta dinas terkait untuk merencanakan pembuatan tanggul untuk meminimalisir dampak dari banjir rob ini kedepannya."Saya minta kepala desa bersama OPD terkait dapat membuat tanggul sepanjang daerah yang tekena banjir, guna meminimalisir dampak banjir rob kedepannya," harap Bupati.

Tidak hanya di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Bupati juga berharap tanggul juga dibangun di beberapa wilayah lainnya yang terkena banjir rob yang berada di Kepulauan Meranti.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sembako secara simbolis oleh Bupati kepada perwakilan warga yang terdampak banjir rob.

Adapun jumlah sembako yang dibagikan adalah 200 paket sembako. "Saat ini ada 110 paket yang dibagikan, menyusul 90 paket nantinya," Kata Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Khardafy.

Turut hadir pada penyerahan tersebut,  Danramil Tebingtinggi Kapten Arh. Isnanu, pimpinan OPD, Camat Tebing Tinggi Barat Syafrizal Hamadi, para kepala desa dan warga terdampak banjir. (RAMLI ISHAK/ Diskominfotik)

 

Post a Comment

0 Comments