Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Buka Ketapang Beach Festival Tahun 2022, Bupati Bengkalis Harap Desa Manfaatkan Serta Maksimalkan Segala Potensi  


Rupat,LHI

Bupati Bengkalis diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga, Edi Sakura membuka secara resmi Ketapang Beach Festival Tahun 2022, Senin (26/12/2022).

Festival yang digelar di Pantai Ketapang Desa Cingam Kecamatan Rupat tersebut menampilkan beragam permainan rakyat seperti lomba Fashion Show, lomba Jong Layo, lomba Senam Kreasi, lomba Volly Pantai Putra, lomba Gasing dan disambut antusias masyarakat Kecamatan Rupat dan Rupat Utara.

Edi mengatakan, dengan potensi wisata yang ada ini, Desa Sungai Cingam kelak bisa memproklamirkan dirinya menjadi desa wisata di Kabupaten Bengkalis bahkan mendunia. "Namun perlu diingat, pengembangan desa wisata tidak bisa dilakukan secara instan, hanya dengan membuat sebuah objek wisata atau menyelenggarakan event wisata di desa," ucap Edi.

Lebih daripada itu lanjutnya, konsep pengembangan desa wisata itu harus bisa memenuhi sejumlah unsur penting yang tidak lepas dari peran komunitas atau masyarakat sebagai pelaku utamanya. 

Artinya, komunitas atau masyarakat sejak dini harus menyiapkan dirinya sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan ketika berkunjung di objek wisata yang ada di desa ini, selain harus memberdayakan ekonomi masyarakat dengan mendayagunakan aset dan potensi yang dimiliki.

Mantan Kadis Pendidikan tersebut juga menerangkan, saat ini pariwisata adalah salah satu industri yang bisa kita andalkan guna menopang pergerakan ekonomi desa dan daerah. Makanya upaya pengembangan industri pariwisata didesa melalui Ketapang Beach Festival ini kami sambut baik, mengingat, industri pariwisata memiliki komponen utama yang dapat memberikan multiplier effect yang tinggi, berupa destinasi, atraksi wisata dan kuliner daerah.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Sungai Cingam, karena telah memanfaatkan bantuan keuangan khusus Desa Bermasa yang telah kami gelontorkan 1 Milyar satu desa, dengan melaksanakan kegiatan positif dan bermanfaat seperti ini," pungkas Edi.(Sumber berita website sungai Cingam/ Suprapto)***

 

 

Post a Comment

0 Comments