Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Pemkab Meranti Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana



 

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H.Muhammad Adil, SH, MM pimpin Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin (28/11/2022).

Apel tersebut diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda, kepala OPD dan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti. "Apel ini sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi terhadap kemungkinan bencana yang akan terjadi," kata Bupati Adil.

Adapun bencana seperti banjir yang sering terjadi di musim hujan, kata Bupati, telah terjadi di Kepulauan Meranti. Seperti yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Rangsang Barat belum lama ini. Kondisi itu juga diperparah oleh kondisi pasang air laut.

"Untuk itu, apel ini dimaksudkan menguji kemampuan dan keterampilan dalam mobilitas sumber daya serta pengoperasian sarana dan prasarana penanggulangan bencana," ungkapnya.

Lebih jauh Adil berharap, berkumpulnya seluruh stake holder dalam apel itu bukan hanya seremoni belaka. Akan tetapi menjadi manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri serta berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

"Kita menyadari bencana alam tidak dapat ditolak, tapi lebih penting bagaimana meminimalisir dampak dengan mitigasi yang tepat" tambahnya.

"Berikan informasi kepada warga, khususnya yang berada di kawasan rawan," pinta Bupati Meranti itu.

Hadir dalam apel tersebut Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh. Isnanu, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, dan kepala OPD, Basarnas, perwakilan perusahaan serta unsur terkait lainnya. (PONIATUN/Prokopim)

 

Post a Comment

0 Comments