DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Dihadiri Dirjen Kominfo RI, Afrizal Sintong Resmikan TVRI Stasiun Transmisi Rohil  


Rokan Hilir - LHI

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Dr. Ira Ismail berkunjung ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam agenda peresmian lokasi baru TVRI Stasiun Transmisi Rohil, Riau dan Pemancar TV Digital di Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (30/11/2022).

Kedatangan Dirjen bersama rombongan dilokasi acara tersebut disambut secara langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Wabup Rohil H Sulaiman, Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH dan berbagai unsur lainnya.

Pelaksanaan pembangunan stasiun TVRI Marvel Parsaoran Situmorang yang merupakan Direktur Pengembangan Pita Lebar Kementerian Kominfo dalam laporannya mengatakan bahwa, LPP TVRI tersebut dibangun dengan sistem transmisi berkekuatan 5 kilo watt dengan tinggi antena Tower 100 meter.

LPP TVRI Rohil ini katanya, merupakan yang pertama selesai di bangun dan di buka dan hal tersebut dikarenakan dukungan semua jajaran di Kabupaten Rohil yang dipimpin oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong. "Saya selaku penanggung jawab pembangunan Stasiun transmisi meminta kepada bapak Bupati untuk meresmikan Stasiun transmisi Rohil ini," katanya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas terbangunya LPP TVRI di Kabupaten Rohil yang dapat memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakt secara digital dan dapat di akses dengan munggunakan antena biasa.

Bupati menerangkan, di Kabupaten Rohil masih terdapat beberapa tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan Televisi dan internet. Untuk itu, Bupati minta kepada Kominfo bagimana caranya agar lokasi-lokasi tersebut bisa mengakses internet juga termasuk siaran-siaran televisi.


"Kami ucapkan terimakasih kepada Kominfo dan selamat datang di Kabupaten Rohil. Semoga, dengan berdirinya tower ini bisa menambah wawasan juga pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Rohil dan untuk kemajuan Rohil, " sebutnya.

Sementara itu, Kepala TVRI Stasiun Riau Darma Setiawan dalam sambutannya mengatakan, perkembangan zaman di tengah pesatnya perkembangan teknologi, sistem penyiaran digital menjadi sebuah keniscayaan dan merupakan peluang bagi pengembangan industri penyiaran kedepannya.

"Kita tahu pemerintah melalui Kementerian komunikasi dan Informatika sejak tahun 2012 lalu sudah mulai mengimplementasikannya penyiaran digital dan tahun ini Pemerintah kembali mengajak masyarakat untuk beralih dari analog ke digital," katanya.

TVRI sebutnya, sebagai lembaga penyiaran publik sejak awal sudah mendukung dalam sosialisasi analogi melalui berbagai program penyiaran di televisi. TV digital yang digabungkan oleh Kementerian kominfo tentunya menjadi kehormatan dan  kebanggaan bagi LPT TVRI khususnya TVRI Riau.

"Dengan diresmikannya pemancar digital stasiun transmisi Rohil dan juga pemancar digital di 10 lokasi eksisting dan juga 5 lokasi baru lainnya di seluruh Indonesia tentu akan semakin membuka peluang bagi TVRI dalam memaksimalkan kinerjanya sebagai salah satu Stasiun," terangnya.

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Dr. Ira Ismail menambahkan, pembangunan TV digital atau transmisi digital di Rohil ini termasuk salah satu yang terbaik yang di usahakan tinggi transmisinya sampai 100 meter dan diharapkan mampu mengcover seluruh masyarakat di Kabupaten Rohil.

"Tadi di sepanjang jalan Saya melihat begitu banyak masyarakat yang menggunakan parabola dan ini merupakan upaya masyarakat untuk mendapatkan hiburan dan juga informasi melalui televisi. Dengan hadirnya pemancar TVRI digital ini, maka masyarakat tidak perlu lagi nanti menggunakan antena parabola cukup dengan antena biasa bisa untuk menonton TV dengan kualitas gambar yang istimewa karena sudah berteknologi digital," paparnya.

TVRI katanya, akan menjadi penyelenggara multiplexer atau pemilik pemancar dan nantinya stasiun-stasiun TV nasional bisa menumpang pemancar melalui TVRI dan tidak perlu lagi membangun antena sendiri-sendiri.

Dr Ira Isamail juga menerangkan, salah satu kelebihan TV digital adalah hadirnya program siaran yang lebih banyak pilihan kepada masyarakat tanpa harus menggunakan TV berbayar dan TV digital ini juga nanti akan dilengkapi kemampuan untuk early warning system, ahli warning system itu adalah kemampuan untuk memberitahukan masyarakat apabila terjadi bencana.

"Jadi kalau misalnya ada gempa bumi dan sebagainya, TV digital ini memiliki kemampuan untuk menginformasikan tentang kondisi secara live secara cepat untuk masyarakat melakukan pengamanan terhadap situasi. Dimana setiap TV digital itu dilengkapi dengan kode pos. Jadi kalau pertama kali kita menghidupkan TV nya maka terlebih dahulu harus mengisi Kode pos," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, mewakili Menteri Kominfo, Dr Ira Ismail juga mengucapkan selamat kepada TVRI stasiun Riau dan juga ucapan terima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran di Pemda Rohil yang telah menyediakan lahan untuk pembangunan tower TVRI tersebut.

"Untuk membangun masyarakat, tidak hanya dari sisi fisik infrastruktur tapi juga memanfaatkan teknologi digital ini untuk bisa menangkap peluang-peluang yang terbaik dan mempersiapkan generasi anak bangsa yang terbaik," pungkasnya.

Peresmian LPP TVRI tersebut juga dihadiri Danramil 0321-05 RM Kapten Arh Iswandi, Kapolsek Rimba Melintang Ipda Boni Sagala SH, Danyon B Pelopor Brimob Manggala Kompol Petrus Simamora S.Sos, Camat Rimba Melintang Sukirman serta berbagai unsur lainnya.Dihadiri Dirjen Kominfo RI, Afrizal Sintong Resmikan TVRI Stasiun Transmisi Rohil (SB)***

 

Post a Comment

0 Comments