DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemdes Sukarjo Mesim Sedang Giat Melaksanakan Pembangunan Desa



Rupat, LHI

Desa Sukarjo Mesim adalah salah satu Desa dari 12 Desa dan 4 Kelurahan di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau, Pada tahun 1956 Desa Sukarjo Mesim, disebut dengan nama MUSIM dan Nama Mesim terebut dibuat atau diberi nama oleh seorang sesepuh (mbah) yang bernama Mastari Bin Mukhtar yang asal usulnya hanya perantau yang ke pulau/kampung untuk bercocok tanam (ladang). Mengapa Mesim itu pada awal namanya Musim, Karena pada saat itu orang-orang dari dari luar berdatangan dan pergi pada Musim itu yaitu Musim Padi, Musim Buah, Musim Bertani, dan musim lainnya, yang bisa dikosumsi sehari sehingga bisa menghasilkan uang dan dijadikan sebagai tempat tinggal (Kampung) sementara itu.

Pada saat itu Sukarjo Mesim masih dibawah naungan pimpinan Penghulu Teluk Lecah yaitu  Abdullah , Mulai saat itu lah orang bertambah dan berdatangan dari luar daerah bermacam-macam suku sampai sekarang ini lalu bertempat tinggal dimesim, dan pada waktu terjadi kampung yang diberi nama atau disebut dengan nama Mesim.

Pada tahun 1980 perkampungan yang disebut dengan Nama Mesim diambil oleh Desa Pergam pada waktu itu Pergam yang dipimpin oleh  Abu Khari, Sehingga dua tahun kemudian Desa Pergam mengalami perubahan status dari desa menjadi kelurahan dengan nama Kelurahan Pergam.

Beberapa tahun berlangsung, pada tahun 1999 para tokoh-tokoh masyarakat Mesim mulai membuat kebijakan dan bermusyawarah untuk membentuk/mendirikan Desa Sendiri demi kelangsungan pembangunan Desa tersebut, Yang melibatkan beberapa Tokoh, Tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. sehingga pada tahun 2000 terjadilah Pemekaran Desa Mesim dari Kelurahan Pergam, sehingga menjadi Desa sendiri yaiitu Desa Sukarjo Mesim yang terdiri dari 3 Dusun, Yaitu Dusun Sungai Mesim, Dusun Parit Gelam, dan Dusun Teluk Kumbang.

Pada saat itu Desa Sukarjo Mesim dipimpin oleh Plt.Khaidir yang memimpin selama 8 tahun,Kemudian setelah akhir masa jabatannya habis maka ada pemilihan Kades kembali yang langsung di pimpin oleh saudara Kasiren yaitu cucu dari pada almarhum Mastari Bin Mukhtar tersebut.

Untuk mengenang kembali sejarah sesepuh lama maka nama Mastari diabadikan menjadi Jalan umum/poros Desa Sukarjo Mesim yaitu, Jalan Mastari.

Saat ini Pemdes Sukarjo Mesim Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau sedang giat melaksanakan kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.untuk kegiatan pembangunan desa yg bersumber dana BKK Bermasa Program Bupati Bengkalis Tahun 2022 

Pemdes Sukarjo Mesim Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Melalui Aprizal Kaur Perencanaan yang mewakili Kades Khaidir menjelaskan ada 4 (Empat) item Kegiatan Pembangunan desa atau Infrastruktur Desa Yg bersumber dana BKK Bermasa Tahun Anggaran 2022 Yakni  Peningkatan jalan Sukajadi (180m) dgn pagu RP.189.465.000,  Peningkatan Jalan Nelayan (155m)  dgn Pagu RP.140.620.000,  Rehap Kantor Kepala Desa  (1 Unit) dgn Pagu RP.80.400.000,  dan  Semenisasi jalan Proyek Menuju Sungai  (180m) dgn Pagu RP.189.465.000, (kegiatan ini belum dilaksanakan).

"Dari 4 item Kegiatan Pembangunan Tersebut 3 darinya sudah selesai kami laksanakan ungkap Aprizal   di aula Kantor Kepala Desa Sukarjo Mesim pada Kamis (27/10/2022).

"Untuk Kegiatan Semenisasi jalan Proyek Menuju Sungai belum kami laksanakan karena menunggu perubahan pada RAB di APBDes Perubahan nantinya karena masalah naiknya nilai harga material"pungkasnya.(SUPRAPTO)****

 

Post a Comment

0 Comments