DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Dijamu Pastor Paroki Bengkong Ngopi Bareng, Habib Ja'far : "Saya Bangga dan Bersyukur Diterima di Tempat Ini"


Batam – LHI.

Toleransi antar umat beragama harus terus ditingkatkan di tengah-tengah masyarakat, terutama bagi kaum muda yang sejatinya dapat dikatakan sebagai generasi penerus bangsa.

Hal itu dicontohkan oleh salah satu Tokoh Agama Islam yang kebetulan sedang berkunjung ke Kota Batam, yakni Habib Ja'far Shodiq Bin Yahya dengan mengundang Ketua terpilih Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Batam, Nimrod Siahaan untuk ngopi bareng sebagai salah satu cara memupuk hubungan silaturahmi yang baik.

Pertemuan silaturahmi itu terlaksana secara spontan dan tanpa ada perencanaan sebelumnya. Diskusi ringan itu berawal dari kunjungan Habib Ja'far Shodiq ke rumah Nimrod Siahaan yang pada tahun lalu dibagikan di akun Facebook Roy Chardo Sitanggang yang juga selaku Ketua OKK Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kepri pada tanggal 23 Oktober 2021 lalu dengan menandai akun Facebook milik Habib Ja'far dan Nimrod serta beberapa orang lainnya.

Kemudian secara otomatis postingan tersebut muncul di beranda akun Facebook pribadi milik Nimrod Siahaan sebagai kenangan 1 tahun yang lalu.

Selanjutnya, sekedar mengenang postingan itu dan tanpa ada tujuan tertentu, lalu Nimrod Siahaan membagikan kenangan itu kembali di beranda Facebooknya pada akun Nimrod Hfyb dengan caption "Kapan lagi" tepatnya pada Minggu (23/10/22) kemarin.

Melihat postingan itu, Habib Ja'far Shodiq pun membalas postingan tersebut di kolom komentar melalui akun Facebook milik pribadinya dengan nama akun Ja'far Shadiq untuk menawarkan ngopi darat, "Ayo lah kopdar lagi, mumpung sahaya ada di Batam nih.. Sumpah, kangen berat," tulis Habib Ja'far dengan diakhiri emoticon memohon dan bahagia.

Lalu Nimrod membalas komentar itu dengan kata, "siap" dan "kita wujudkan dalam beberapa hari kedepan antara rabu ke Jumat sekiranya ada sahabat Banser yg mendampingi beliau mohon wa ke sy," balas Nimrod sembari menuliskan nomor WhatsApp pribadinya 0852****2894.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02zyj8ciNHQQ1gsmLSyQeRxRqVp5qZdbHMCYD51oDT92RtWagwSCXb1uxhr4zaRDhrl&id=1256557661

Berawal dari interaksi di sosial media, selanjutnya komunikasi mereka pun berlanjut melalui WhatsApp, dan singkatnya pertemuan silaturahmi dengan ngopi bareng pun dilaksanakan di Pastoran Paroki Bengkong, Kamis (27/10/22) sore.

Acara tersebut difasilitasi oleh Pastor Paroki Beato Damian Bengkong, Romo Yohanes Budi dan turut dihadiri beberapa kader GP Ansor serta Penasehat awam Pemuda Katolik Komda Kepri, Herman Simbolon, dan Penasehat awam Pemuda Katolik Komcab Batam, Julius Joni yang mendampingi Nimrod.

Dalam pertemuan singkat itu, Habib Ja'far Shodiq menyampaikan beberapa pesan moral mengenai toleransi dengan mengatakan bahwa (Habib Ja'far_red) mengaku bangga atas terlaksananya silaturahmi tersebut.

"Saya merasa bangga dan bersyukur diterima ditempat ini. Kalian semua para pengikut Nabi Isa dan penyayang Bunda Maria umat yang disayangi oleh Tuhan yang penuh cinta. Agama saya Agama cinta, kenapa saya bilang demikian? karena hakekat Agama apapun adalah Cinta. Mencintai sesama dan Tuhan," ucap Habib Ja'far.

Saat acara ngopi bareng itu, Romo Yohanes Budi juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Habib Ja'far Shodiq ke Pastoran Bengkong tersebut secara dadakan dengan suasana damai.

"Ini kehormatan bagi kami. Ini baru pertama kali, saya sebagai Pastor Paroki sudah lima tahun disini, baru kali ini saya kedatangan tamu seorang Habib. Terimakasih Habib atas kunjungannya," ujar Romo Budi.

Romo Budi juga berharap agar kunjungan tersebut bukan yang pertama kali, namun dianggap sebagai awal pembuka silaturahmi lebih dalam lagi kedepannya.

Disela-sela pertemuan ngopi bareng mereka, Herman Simbolon memaparkan bahwa pihaknya dari Kecamatan Sagulung juga sedang gencar-gencarnya melakukan upaya untuk menularkan semangat toleransi keberagaman melalui berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Kalau di Kecamatan Sagulung, kegiatan bersama sahabat Ansor sudah sering dilakukan. Kami berharap kegiatan seperti di Tiban sahabat Nimrod bersama Ansor membuat acara halal bihalal, dampaknya Pemuda Katolik disana mulai hidup. Semangat dan nilai-nilai ini coba akan kita hidupkan di Paroki Bengkong dan Paroki lainnya," ucap Herman Simbolon saat diskusi ringan bersama Habib Ja'far kemarin.

Dalam waktu yang bersamaan, Julius Joni mengaku sangat bangga atas pertemuan tersebut, "Baru tadi siang acara ini deal dengan Ketua Nimrod, persiapan singkat, mohon maaf bila ada kekurangan," ucap Julius Joni yang dikenal akrab dengan sapaan pak JJ itu.

Di akhir pertemuan, Nimrod Siahaan mengaku bangga terhadap sikap toleransi yang ditunjukkan oleh Habib Ja'far yang menurutnya layak dijadikan sebagai panutan bagi warga masyarakat Indonesia yang notabene terdiri dari berbagai Agama, Suku dan Ras.

"Saya merasa terhormat, tahun lalu Habib mengunjungi rumah saya. Ini semua karena sahabat Ansor, yaitu bung Takat yang selalu aktif melibatkan saya dalam berbagai kegiatan sosial," kata Nimrod Siahaan.

Nimrod juga berharap agar saat pelantikannya nanti sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Batam, para sahabatnya dari Ansor dapat hadir dengan membawa tim hodro, "Guna mengisi acara dan mengiringi lagu-lagu kebangsaan dan lagu Mars Pemuda Katolik dapat diiringi tim hadro nantinya," tutup Ketua terpilih Pemuda Katolik Komcab Batam itu.

Usai diskusi dan ngopi bareng berakhir, ditutup dengan sesi foto bersama di dalam Gereja dan di depan patung Bunda Maria sesuai permintaan Habib Ja'far.

Pertemuan yang bernuansa toleransi keberagaman antar umat beragama itu diceritakan langsung oleh Nimrod Siahaan kepada awak media ini, Jum'at (28/10/22) malam di salah satu tempat makan di seputaran Muka Kuning, Kota Batam. (JAHOTMAN S)

Post a Comment

0 Comments