Pemkab OKU Selatan

Pemkab OKU Selatan

Diikuti 63 Peserta, Bupati Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX dan X


MERANTI – LHI.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM membuka secara virtual Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti di Aula Gedung Hijau Kantor Bupati, Rabu (12/10/2022).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kepulauan Meranti Juwita Ratna Sari, mengatakan PKA ini diikuti sebanyak 63 peserta yang terdiri dari pejabat administrator di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

"Pelatihan ini dilaksanakan selama 908 jam pelajaran atau setara dengan 105 hari dan akan ditutup pada 28 Desember 2022 mendatang," sebutnya.

Kepala BPSDM Provinsi Riau Drs. Asrizal, M.Pd mengatakan sesuai Undang-undang No 5 tahun 2014 ada 3 fungsi dari ASN yang harus dilaksanakan. Yakni melaksanakan kegiatan publik, pelaksanaan pelayan publik serta perekat dan pemersatu bangsa.

Ketiga fungsi tersebut sangat membutuhkan kompetensi ASN yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipenuhi oleh setiap ASN agar mampu melaksanakan fungsi tersebut.

"Mohon ikuti tahapan-tahapannya, dan menyelesaikan segala tugas yang diberikan nantinya," jelasnya.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah dipilih untuk mengikuti Diklat PKA ini. Tidak semua pejabat administrator mendapatkan kesempatan ini, tapi hanya peserta yang dinilai memiliki kompetensi yang signifikan untuk dikembangkan dalam karir kepemimpinannya.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni dengan mengembangkan kompetensi Pejabat Administrator," tambahnya.

Sebagai pejabat struktural, kata bupati, pejabat administrator harus memiliki kompetensi manajerial yang dibutuhkan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, baik pusat maupun daerah, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Lebih jauh dijelaskannya, peserta PKA merupakan agent of change (agen perubahan) artinya setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu membuat perubahan serta meningkatkan kinerja pada OPD masing-masing.

"Saya minta seluruh peserta dapat mengikuti proses pembelajaran ini semaksimal mungkin, guna mematangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, serta mampu menempatkan diri dalam peranannya sebagai pelayan masyarakat untuk mewujudkan Meranti maju, cerdas dan bermartabat," pungkas Adil.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Widyaiswara BPSDM Provinsi Riau Amrin Sofian, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, Asisten III Setda Sudanri Jauzah, peserta PKA dan sejumlah pejabat serta undangan lainnya. (RAMLI ISHAK/Prokopim)

Post a Comment

0 Comments