DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati Way Kanan Hadiri Gerakan Nasional Aksi Bergizi


Way Kanan – LHI.

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Way Kanan, Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tahun 2022 di SMP Negeri 1 Blambangan Umpu, Way Kanan, Lampung, Rabu (26/10/2022).

 

Dikesempatan tersebut, Adipati mengatakan bahwa anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur, mulai dari Balita, Remaja, Ibu Hamil sampai Usia Lanjut.

 

"Dampak anemia juga menyebabkan para remaja putri mengalami berbagai kondisi, seperti penurunan imunitas. Sehingga lebih rentan terpapar berbagai penyakit infeksi, penurunan konsentrasi belajar di kelas, penurunan prestasi di sekolah serta penurunan kebugaran dan produktivitas kerja," jelasnya.

 

Dikatakan juga oleh Adipati, masih tingginya kasus anemia erat kaitannya dengan kepatuhan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD), khususnya pada remaja putri dan Ibu hamil.

 

"Melihat hal tersebut, ENUCEF menginisiasi kegiatan Aksi Bergizi yang mulai dilaksanakan Tahun 2018 melalui advokasi, mobilisasi sekolah dan masyarakat, koordinasi multi sektor, penguatan kapasitas serta pemantauan dan evaluasi,” ujar Adipati.

 

Selain itu, kata Adipati, untuk meminimalisir potensi anemia yang berakibat terhadap kesehatan dan prestasi di sekolah, pemberian TTD juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu. Pemberian TTD pada remaja putri juga untuk mencegah Ibu nantinya melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati penerima Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya Tahun 2022 itu mengajak kepada para pelajar untuk mengkonsumsi TTD seminggu sekali serta makan makanan bergizi.

 

“Saya mengajak kepada seluruh anak-anak ku untuk mengkonsumsi tablet tambah darah seminggu sekali dan makanan bergizi. Serta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama untuk menjadikan Aksi Bergizi ini menjadi kegiatan rutin. Sehingga anemia para remaja putri dapat ditekan, kedepannya remaja putri dapat menjadi calon Ibu yang akan melahirkan generasi yang bebas stunting, generasi yang sehat, mampu berdaya saing untuk SDM yang bekualitas di Kabupaten Way Kanan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” tegas Adipati.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan, Srikandi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut berdasarkan Surat Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI No. PK.05.01/B/789/2022 Tanggal 06 Oktober 2022 tentang Kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi, serta dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Kesehatan Nasional (KHN) Ke-58 serta sebagai salah satu upaya percepatan pencegahan stunting.

 

Gerakan ini dilaksanakan secara serentak di 1.028 Sekolah di Indonesia untuk meningkatkan cakupan konsumsi Tablet Tambah Darah pada remaja putri.

 

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/siswi tentang pentingnya TTD, olahraga/aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan siswa siswi di Sekolah,” imbuh Srikandi mengakhiri.

 

Diketahui, pada kegiatan tersebut juga dilakukan Aksi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Senam serta makan bersama dan kegiatan tersebut tampak turut dihadiri, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab, Pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, Vorian Melita Saipul. (NOPRI)

Post a Comment

0 Comments