Kades Pancur Jaya " Hasan Basri, S.T. Gelar Inovasi Teknologi Tepat Guna, Latih Pembuatan Pupuk Bokasi Dan Organik Cair, Manfaat Limbah Sekitar


Rupat, LHI.

Untuk memajukan Petani Desa, Program PKK Dasawisma, Kepala Desa Pancur Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis "Hasan Basri,ST, turut berperanserta menginovasi Kelompok masyarakat melalui program tersebut diatas untuk   usaha tani  dari limbah sampah lingkungan kita menjadi pupuk yang dilakukan inovasi dari  Kompos Organik dan  Bokasi menjadi  perkembangan usaha petani untuk semakin maju, yang di Gelarnnya, Kamis 15/9/2022 pkl.13:14 'wib.

Dalam upaya pengembangan usaha petani Desa Pancur Jaya Kec.Rupat, melalui Program PKK Dasawisma, Hasan Basri selaku Kades dengan gigihnya berperan serta membuat progam Inovasi Kompos Organik dan Bokasi membangun petani semakin maju dan meringankan biaya dalam mengelola usaha tani nya kedepan.

Dalam kegiatan pada program inovasi tampak sebagai pelatihan pembuatan pupuk kompos dari material yang tersedia dijadikan dua jenis, satu diantaranya sebagai pupuk Kompos Bokasi, dan yang kedua sebagai pupuk Cair, hasil kegiatan dirangkum LHI, kamis (15/09/2022).

Kepala Desa "Hasan Basri" melalui Website Resmi Desa Pancur Jaya, Pemerintah Desa Pancur Jaya melalui Program PKK Gelar Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) pelatihan pembuatan pupuk bokashi dan pupuk organik cair menggunakan bahan sederhana dimulai sejak Awal September 2022.

Pelatihan ini dilaksanakan di salah satu rumah warga Dusun II RT.04/RW.02 Pancur Jaya, tepatnya di lokasi Dasawisma Tongkol. Acara dihadiri oleh Hasan Basri, ST selaku  Kepala Desa, Sekretaris Desa,Pendamping Pembangunan Desa Pancur Jaya Herlina Amd, TIM  PPL Dinas Tanaman Pangan Hortikultira dan peternakan Kecamatan Rupat, Ibu Rini Tim Penggerak PKK Kec.Rupat, bersama ibu –ibu perwakilan Dasawisma se-Desa Pancur Jaya.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini merupakan agenda kegiatan ke dua di tahun 2022, karena Sebelumnya juga telah dilakukan di lokasi wilayah dusun I, jelas Kades.

Acara diawali dengan penjelasan dasar tentang tatacara pembuatan pupuk, serta manfaatnya untuk tanaman kepada seluruh anggota Dasawisma yang hadir, selain itu juga menjelaskan bagaimana menangani tanaman yang terserang hama dan penyakit, dengan diselingi pada sesi tanya jawab antara pihak penyuluhan dan peserta Petani kelompok Dasawisma, (mencari solusi)

Suarno,SP salah satu PPL Pertanian Kec.Rupat sebagai narasumber menjelaskan, “untuk meningkatkan Swadaya Manusia" (SDM)  dibidang pertanian, selain kemauan juga harus dibekali ilmu pengetahauan, khususnya buat ibu-ibu Dasawisma Pancur Jaya yang pada saat ini sudah mulai tampak bersemangat dalam melaksanakan program PKK”, cetus Suarno.

“Kami selaku PPL hanya berharap dan memberikan bimbingan buat ibu-ibu agar ilmu yang kami berikan serta bantuan bibit tanaman yang telah diberikan oleh pihak pemerintah Desa kemaren kepada 24 Dasawisma benar-benar terlaksana dengan baik”. Ungkapnya

Selain memberikan ilmu pengetahuan dasar, seluruh anggota Dasawisma juga di tunjukkan secara langsung praktek pembuatan pupuk kompos cair dan tatacara pembuatan pupuk bokasi.

Dalam Pelatihan ini Kades Pancur jaya juga turut andil memberikan dan mempraktekkan pengolahan pembuatan pupuk, serta menjelaskan “Program ini diharapkan bisa memberikan inovasi baru kepada seluruh kelompok Dasawisma untuk meningkatkan dan mengembangkan ketahan pangan dari pertanian”. ujarnya.

“Dengan memanfaatkan limbah dapur dan sampah yang ada di sekitaran kita, selain bisa menjaga kebersihan lingkungan juga bisa meningkatkan perekonomian keluarga dengan cara membuat pupuk alami untuk berkebun”. Tuturnya lagi.

Acara berjalan sukses dan lancar, tampak seluruh anggota Dasawisma yang hadir benar-benar memahami dan tak sabar untuk segera mempraktekkan sendiri, sumber berita: administrator,Teddy,St, (Suprapto)

Post a Comment

0 Comments