Dukungan Masyarakat Bukti Nyata Kecintaan Terhadap Polri,Kapolda Riau : Layani Tanpa Pamrih


Bengkalis,LHI

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, kembali melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke daerah, Selasa (6/9/2022).Jenderal polisi berpangkat bintang dua itu mengunjungi Kota Duri, Kecamatan Mandau, yang menjadi wilayah hukum Polres Bengkalis.Ada sejumlah agenda yang dilaksanakan Irjen Iqbal di Kota Minyak tersebut. Salah satunya yaitu peletakan batu pertama kegiatan renovasi Polsek Mandau.

Menurut Irjen Iqbal, nantinya diharapkan setelah renovasi, maka pelayanan Polsek Mandau kepada masyarakat bisa lebih ditingkatkan lagi."Kita tentunya ingin pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal. Dengan bangunan yang lebih bagus nanti, masyarakat yang datang memerlukan pelayanan dan bantuan di Polsek Mandau bisa merasa lebih nyaman dan merasa senang. Itu yang kita harapkan," kata Irjen Iqbal.

Dijelaskan Kapolda Riau, kehadirannya ini sekaligus untuk memotivasi para personel polisi di daerah. Ia mengingatkan, pekerjaan tentunya akan terasa ringan jika semua saling bekerjasama dan bersinergi.

Irjen Iqbal kembali menggelorakan semangat 'Together We Are Strong'. Ini menjadi semangat kebersamaan bagi personel dalam mengemban tugas. Baik dalam keadaan suka maupun duka.

Irjen Iqbal menyampaikan ucapan terima kasih masyarakat Kecamatan Mandau, serta Kabupaten Bengkalis pada umumnya."Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu pihak Polsek Mandau atas renovasi pembangunannya serta pemberian hibah tanahnya. Kami Polri tentunya selalu siap mengayomi serta memberikan keamanan dan pelayanan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya Riau," ungkap Irjen Iqbal.

Dirinya menegaskan, setiap anggota polisi wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan setulus hati dan tanpa pamrih.

Sebab, polisi sejatinya merupakan pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

'Layani masyarakat dengan sepenuh hati, berikan senyum secara humanis. Jangan sakiti hati masyarakat. Kalau masih belum berwawasan, kita belajar. Belum tahu perundang-undangan kita belajar. Tetapi yang paling penting kita jangan nyakiti hati masyarakat. Jangan sekali-sekali. Ingat pesan saya, tidak ketahuan pimpinan, tidak ketahuan komandan, tidak ketahuan organisasi, hati-hati Tuhan pasti akan membalas," ujar Irjen Iqbal mengingatkan.

Mantan Kapolda NTB ini mengungkapkan, Polri tak ubahnya seperti sebuah tenda besar."Tenda besar tempat kita berteduh, tempat kita berkeluarga, mendidik anak dan cucu , menjaga iman sesuai akidah. Tidak sedikit lahir di organisasi Polri ini generasi pemimpin bangsa. Maka jagalah tenda besar kita ini, pertahankan tonggaknya agar tetap kokoh serta jangan biarkan tenda ini roboh atau pun rusak," ucap Irjen Iqbal.

Ia berpesan, agar para personel Polri khususnya di jajaran Polres Bengkalis, agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab, serta menghindari perbuatan yang dapat merusak citra Polri.

"Berikan yang terbaik untuk Polri sebagai ibu kandung kedua kita, serta berikan penghargaan terbaik dan lakukan. Lakukan tugas dan kegiatan kepolisian sesuai prosedur yang berlaku," pesan jebolan Akpol 1991 ini.

Irjen Iqbal menerangkan, bagi personel yang telah melaksanakan tugasnya secara baik dan benar, agar dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Jika masih belum, maka diharapkan dapat melakukan perubahan."Ingat, kemuliaan seorang polisi tidak terletak pada pangkat dan jabatannya, melainkan ada pada kecintaan masyarakatnya. Layani, lindungi dan Ayomi masyarakat. Jangan pernah sekali kali menyakiti hati masyarakat," tutur Irjen Iqbal.

Sementara itu, seorang tokoh Kota Duri, Rahmat Mulia menyampaikan, masyarakat sangat mendukung pelaksanaan renovasi Polsek Mandau. Ia ingin ini nantinya juga sejalan dengan peningkatan pelayanan publik yang menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Dukungan kami ini menjadi bukti nyata kecintaan masyarakat terhadap institusi Polri di tengah banyaknya isu yang berkembang saat ini," sebutnya.

Apalagi menurutnya, Polsek Mandau merupakan kantor polisi strategis. Namun dari dulu, Polsek Mandau masih belum ada perubahan secara fisik sejak awal berdiri."Terkait hal tersebut, di era kepemimpinan Bupati Bengkalis, Kapolres Bengkalis serta Kapolsek Mandau dan atas keinginan bersama PT Pertamina Hulu Rokan dan pengusaha Kecamatan Mandau untuk melakukan perapian Polsek Mandau guna menciptakan pelayanan publik yang aman dan nyaman," terangnya.

"Untuk itu kami atas nama masyarakat Kabupaten Bengkalis, khususnya Kecamatan Mandau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan kerja dan silaturahmi Bapak Kapolda Riau," imbuh Rahmat lagi.

Bupati Bengkalis, Kasmarni, menyatakan bahwa kunjungan kerja Kapolda Riau bersama rombongan di daerahnya, menjadi momentum untuk bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

"Kita berharap pula ke depan akan terbangun kerja sama yang lebih baik lagi antara pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis dengan institusi kepolisian. Demi menciptakan keamanan dan kesuksesan pembangunan," papar Kasmarni.

Secara khusus, Kasmarni juga menyampaikan terimakasih kepada Polda Riau. Salah satunya terkait keberhasilan dalam menggagalkan peredaran narkoba di Kabupaten Bengkalis.

"Karena hal ini sangat merugikan generasi penerus bangsa, jika tidak dicegah secara nyata. Untuk itu kami mohon kepada Kapolda Riau serta jajaran Polres Bengkalis terus berupaya memutuskan mata rantai peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Bengkalis," tutupnya.

Irjen Iqbal, juga memiliki sejumlah agenda lainnya saat kunker di Kabupaten Bengkalis.

Kapolda Riau melakukan kunjungan silaturahmi ke Mako Koramil 03/Mandau.

Dalam kesempatan itu, Irjen Iqbal menyerahkan sarana kontak untuk jajaran Koramil 03/Mandau. Diantaranya 1 unit televisi, 1 unit speaker aktif, 5 ember cat, dan sarana olahraga seperti bola voli serta bola sepak dan futsal.

"TNI dan Polri selalu bersama-sama dalam membantu segala hal baik. Dalam kesempatan ini, saya ingin bertatap muka dengan rekan-rekan semua. Saya sering katakan Indonesia punya khas yang tidak dimiliki oleh negara mana pun, yaitu soliditas TNI dan Polri," beber Irjen Iqbal di hadapan prajurit Koramil 03/Mandau.

"TNI dan Polri sangat penting untuk menjaga keamanan wilayah. TNI dan Polri punya ujung tombak yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Saya berharap TNI Polri selalu dicintai oleh masyarakat," tambah mantan Kadiv Humas Polri ini.

Masih dalam rangkaian kunker, Irjen Iqbal juga memimpin langsung ekspos pengungkapan kasus narkoba dengan barang bukti 40 kg sabu, meninjau langsung vaksinasi massal dan menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat, menghadiri kegiatan temu ramah dengan petinggi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), bersilaturahmi ke Surau Baitul Ibadah Perguruan Tarikat Soufiah Islam Sammaniyah sekaligus menyerahkan bantuan bahan makanan, tatap muka dengan Forkopimda Bengkalis, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini para pejabat utama Polda Riau, Ketua Bhayangkari Daerah Riau, Kapolres Bengkalis, perwakilan Kejari Bengkalis, Ketua DPRD Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Kepala PN Bengkalis, Ketua LAMR Bengkalis, Ketua MUI Bengkalis, dan lainnya.

SUPRAPTO

 

 

Post a Comment

0 Comments