Dihadiri Wadir Samapta Polda Riau, Puluhan Personel Polres Meranti Ikut Pelatihan Dalmas


MERANTI -
Puluhan personel Polres Kepulauan Meranti, Jumat (23/9/2022) pagi, melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian massa (Dalmas) oleh instruktur dari Dit Samapta Polda Riau.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan apel Mapolres, Jalan Lintas Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat itu dihadiri oleh Wadir Samapta Polda Riau AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, Kabag Ops Kompol Yudi Setiawan SH, para Kasat, Danton Dalmas I KI I Polda Riau Ipda Fachri M Mursyid STrK, Ps Danki I Dalmas Polda Riau Ipda Hadi Subroto, Kaur Ren Samapta Polda Riau Ipda Andi Firmansa, personel Dir Samapta Polda Riau, perwira dan personel Polres Kepulauan Meranti.

Adapun rangkaian kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Dalmas tersebut, yakni pengenalan peralatan Dalmas dan penyampaian materi gerakan Dalmas  kepada personel Polres Kepulauan Meranti oleh Ipda Hadi Subroto.

Kemudian, latihan Dalmas awal, latihan tim negosiator, latihan Dalmas lanjut, dan latihan Raimas. Dilanjutkan dengan latihan kombinasi yang terdiri dari Dalmas awal, negosiator, Dalmas Lanjut dan Raimas.

Wadir Samapta Polda Riau ABKP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, dalam arahannya menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan untuk sama-sama belajar.

Dimana, sebutnya, para personel bisa menyempurnakan latihan Dalmas yang sebelumnya mereka lakukan. Mengingat, karena biasanya di lapangan sering berbeda kondisinya.

"Saat pengamanan aksi unjuk rasa, kita harus betul-betul memposisikan bahwa kita adalah sahabat mereka (massa pengunjuk rasa). Kemudian, dalam menjalankan tugas Dalmas harus tetap dengan SOP dan profesional. Jangan sampai terjadi kesalahan personel dalam melakukan pengamanan," tegasnya.

AKBP Taufik juga mengatakan bahwa peningkatan kemampuan Dalmas bagi seluruh personel Polres jajaran ini sesuai dari arahan Kapolda Riau."Jadi, pak Kapolda minta harus ditingkatkan kemampuan melalui latihan secara rutin. Termasuk peralatan Dalmas, harus rutin di cek dan croscek terus agar tidak rusak dan bisa berfungsi saat digunakan," pesannya.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, di kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Dalmas yang dipimpin oleh Wadir Samapta Polda Riau itu.

Ia berharap para personel Polres dapat menerapkan apa yang dipelajari melalui latihan tersebut pada saat terjadi aksi unjuk rasa sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Terima kasih atas kehadiran Wadir Samapta Polda Riau bersama Tim yang telah memberikan pelatihan kepada personel Polres Meranti. Tentunya kita berharap para personel dapat mengaplikasikan materi yang dipelajari tersebut disaat mengamankan aksi unjuk rasa di daerah ini," ucapnya. (RAMLI ISHAK/ Humas Polres Meranti)

 

Post a Comment

0 Comments