Sago Center Unri Gandeng Pemkab Meranti

 


PEKANBARU - Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Riau (P2K2 Unri) menggandeng Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam upaya pengembangan sektor unggulan tanaman sagu. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) yang dilakukan di Hotel Grand Elite Pekanbaru, Rabu (31/8/2022).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perdagangan, Marwan melalui Sekretarisnya, Miftahulaid menjelaskan PKS tersebut dilakukan antara 4 pemerintah kabupaten penghasil sagu di Riau. Yakni Pemkab Meranti, Bengkalis, Indragiri Hilir dan Pemkab Siak."Kami tentunya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak pihak terkait dalam rangka peresmian sago center ini," kata Miftah.

Dijelaskannya, tujuan dari perjanjian itu untuk melaksanakan promosi, fasilitasi pengembangan produk dan pendampingan teknologi pengolahan limbah sagu dalam rangka pengembangan sagu dan produk turunannya. Berbagai produk sagu dan turunannya, sebutnya, akan dibantu dipromosikan oleh Sago Center yang beralamat di Kampus Unri Jalan Patimura, Gobah Pekanbaru."Dengan itu tentu sagu akan lebih dekat dan dikenal oleh kalangan mahasiswa dan masyarakat," ujarnya.

Lebih jauh menurut Miftah, pihaknya akan segera menindaklanjuti PKS tersebut dan juga MoU dengan Unri yang ditandatangani Bupati H. Muhammad Adil terkait pendidikan, penelitian dan pengabdian beberapa waktu lalu.

"Tentu harus kami tindaklajuti melalui perjanjian kerjasama dalam rangka mengembangkan sagu termasuk pengelolaan limbah sagu nantinya," jelas Sekretaris Disperindag Meranti itu.

Sebelumnya Rektor Universitas Riau Prof. Aras Mulyadi mengatakan pihaknya mendukung penuh pelaksanaan dari PKS yang telah disepakati tersebut. Dia juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak."Mudah-mudahan kegiatan kita ini mendapat rahmat Allah," sebutnya.

Peresmian Sagu Center P2K2 Unri itu dilakukan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, Imron Rosyadi. Dia berharap kerjasama yang diinisiasi oleh Pertamina Hulu Rokan itu berjalan baik.

“Kerjasama yang luar biasa untuk membangkitkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu VP Corporate PT. Pertamina Hulu Rokan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Meranti dan Bappeda Meranti serta tamu dan undangan lainnya. (RAMLI ISHAK/ Prokopim)

 

Post a Comment

0 Comments