Poniatun Sorot Pemberitaan Yang Melanda Kesusahan di Sembilan Kecamatan Terhadap Kepala Desa Se-Kabupaten Kepulauan Meranti “Sampai Dimana Tanggung Jawab Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ?”


Meranti LHI
---Desa-desa se-Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti adalah ujung tombak pembangunan diwilayah kecamatan yang mengayomi perangkat desa-desa yang sangat berpotensi dibidang penghasilan, yaitu penghasilan minyak bumi, seperti Kecamatan Merbau dan Kecamatan Tebing Tinggi Barat! Kecamatan lainnya juga punya potensi seperti Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir penghasil kopi dan kelapa dan penghasilan lainnya, termasuk juga Kecamatan Tebing Tinggi Timur punya potensi penghasilan perkebunan seperti rumbia sagu, dan pertanian dan lain-lain.

Kecamatan Pulau Merbau dan Kecamatan Putri Puyu juga punya  potensi penghasil karet dan hasil hutan yang digarap oleh perusahaan. Semua kecamatan tersebut berada di Kabupaten Kepulauan Meranti kabupaten termuda di Riau. Inilah sekilas sorotan potensi-potensi di Kepulauan Meranti.

Jikalau benar dugaan sejumlah kepala desa di Kabupaten Kepulauan Meranti mengeluh susah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Meranti harus bertanggung jawab, jangan menjadi bola liar masuk ke goal ranah politik. Karena desa-desa dalam wilayah kecamatan dibawah pengelolaan DPMD sampai dimana pengawasan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta jajarannya diseluruh desa-desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti? Dan dimana letak keluhan susah kepala desa di sembilan kecamatan di Meranti?

Ini semua harus terjawab secara transparan supaya terciptanya pemerintah yang bersih dan berwibawa dan bermartabat di Kabupaten Kepulauan Meranti yang sama-sama kita cintai!

“Jika kita berbicara masalah keuangan bantuan terhadap keuangan desa-desa sudah diatur oleh peraturan pemerintah pusat dan daerah, ini semua sudah diatur dan dijamin oleh peraturan tersebut!oleh sebab itu, pengawasa keuangan di Pemda Meranti harus berfungsi mengawasi aliran dana keuangan sampai ke perangkat desa-desa Kabupaten Meranti.

Jabatan Sekda sangat menentukan di Kabupaten Kepulauan Meranti, maju mundurnya roda pemerintahan Kepulauan Meranti Sekda lah yang me-manage seluruh OPD-OPD yang ada.

Timbul pertanyaan kita semua sejauh mana aliran kucuran dana APBD maupun bantuan aliran dana dari pusat ini juga harus transparan demi kemajuan Kabuapten Kepulauan Meranti ke depan di segala bidang pembangunan, semoga terwujud 7 program strategis yang dicanangkan Bupati Kepulauan Meranti saat ini. (RAMLI ISHAK)

 

Post a Comment

0 Comments