Dandim Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2022 Kodim 0726/Sukoharjo di desa Jangglengan




Sukoharjo ,LHI

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E. bertindak selaku Irup dalam Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2022 Kodim 0726/Sukoharjo dengan tema "TMMD Dedikasi terbaik membangun NKRI" Bertempat di Lapangan Desa Jangglengan alamat Dk. Ngandong, Rt 02, RW 05 Ds. Jangglengan, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo, Rabu (24/08/22).

Upacara penutupan TMMD dihadiri oleh Hj. Etik Suryani, S.E., M.M (Bupati Sukoharjo) beserta Forkompinda Kabupaten Sukoharjo, Forkopimcam Kecamatan Nguter, Pemdes Jangglengan serta warga masyarakat desa Jangglengan. Kegiatan Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2022 Kodim 0726/Sukoharjo ini melibatkan 17 SST pasukan upacara.

Membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat Selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. Dandim 0726/Sukoharjo menyampaikan bahwa momentum TMMD ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

Mengakhiri amanatnya ada beberapa atensi dan harapan dari Kepala Staf Angkatan Darat Selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD dalam TMMD ini yang disampaikan oleh Dandim 0726/Sukoharjo. Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Keempat, kepada para Dansatgas TMMD ke-114 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Pencapaian program sasaran fisik pada TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0726/Sukoharjo di desa Jangglengan juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non- fisik berupa penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat.

Dilaporkan bahwa TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0726/Sukoharjo ini telah menyelesaikan beberapa sasaran fisik diantaranya Pembangunan talud jalan Dk. Kepyar - Dk. Ngandong Panjang 386 m x Tinggi 1,6 m x Tebal 0,3 – 0,6 m, Pembangunan Talud jalan Dk. Ngandong Panjang 234 m x Tinggi 0,9 m x Tebal 0,3 x 0,6 m, Pembangunan Rabat beton jalan Dk. Ngandong RT 02/05 Panjang 645 m x Lebar 2,5 m x Tebal 0,12 m serta Pembuatan Sumur Dalam di Dk. Ngandong 1 unit.

TMMD ini juga menyelesaikan beberapa sasaran non fisik, diantaranya Penyuluhan Wasbang Bela Negara (oleh Kodim 0726/Sukoharjo), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas (oleh Polres Sukoharjo), Penyuluhan Kesehatan dan Stunting (oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo), Penyuluhan KB Kes (oleh DPPKBP3A Kabupaten Sukoharjo) serta Penyuluhan Pertanian (oleh Dispertan Kab. Sukoharjo).

Penutupan resmi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0726/Sukoharjo oleh Irup ditandai dengan penyerahan Naskah Hasil TMMD dari Dandim 0726/Sukoharjo kepada Bupati Sukoharjo, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti TMMD oleh Bupati dan Dandim 0726/Sukoharjo.

Setelah kegiatan upacara selesai, Hj. Etik Suryani, S.E., M.M (Bupati Sukoharjo) beserta Forkompinda dan rombongan menyaksikan Tarian Bambangan Cakil dilanjutkan dengan melihat bazar dan Warung Petuk yang ramai diserbu oleh warga masyarakat desa Jangglengan.

Dilokasi sasaran fisik, peresmian sasaran fisik dilaksanakan di lokasi Rabat Beton oleh Bupati Sukoharjo didampingi Dandim 0726/Sukoharjo dan Forkopimda dengan melaksanakan pemotongan pita tanda dioperasionalkannya hasil TMMD untuk masyarakat desa Jangglengan.

"Mudah-mudahan hasil Rabat Beton TMMD ini dapat menjadi akses bagi warga Jangglengan dalam meningkatkan perekonomian, termasuk akses anak-anak sekolah serta akses warga dalam kegiatan-kegiatan lain menjadi lancar serta secara maksimal bermanfaat bagi warga kami," ungkap Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani, S.E., M.M

" TMMD ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama Pemkab dan seluruh instansi yang ada di wilayah Sukoharjo. Untuk membantu percepatan pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat, khususnya bagi warga desa Jangglengan, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo, kita bersyukur bahwa TMMD ini dapat diselesaikan sukses dan tepat waktu sesuai target yang telah ditentukan tanpa kendala yang berarti, " tukas Dandim 0726/Sukoharjo.(KEMPLU)

Post a Comment

0 Comments