Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung Kunjungan Kerja di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Way Kanan


Way Kanan, LHI.

Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Lampung Melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Way Kanan, Kamis (28/07/2022).

Dalam kunker PWNU tersebut hadir Rois Syuriah PWNU Lampung, KH Muhsin Abdillah, Pelaksana Tugas Harian (PLH) Ketua PWNU Lampung,H Alamsyah,  Sekretaris PWNU Lampung  Aryanto Munawar, Wakil Ketua PWNU Lampung, Khaidir Bujung dan rombongan

Rombongan PWNU Lampung disambut oleh jajaran Pengurus PCNU Way Kanan di Gedung Sekretariat PCNU Way Kanan Jalan lintas tengah Sumatra Tiuh Balak Kecamatan Baradatu.

Dalam Kunker PWNU Lampung di PCNU Way Kanan tersebut digelar dialog dan ramah tamah dengan seluruh jajaran pengurus PCNU Way Kanan, yang dipimpin oleh Sekretaris PWNU Lampung, Aryanto Munawar.

Dalam kesempatan itu, Rois Syuriah PWNU Lampung, KH Muhsin Abdillah menyampaikan bahwa PWNU Lampung akan melakukan Kunker disetiap PCNU yang ada di Provinsi Lampung.

“Kunjungan kerja ini akan kami lakukan di 13 Kabupaten dan 2 Kota yang ada di Provinsi Lampung, Sebelumnya Kami telah berkunjung di PCNU Lampung Selatan, Pringsewu, dan Tanggamus dan malam ini di Way Kanan.” Jelas KH Muhsin Abdillah.

KH Muhsin Abdillah menjelaskan Maksud dari kunker PWNU Lampung di PCNU Way Kanan ingin mengetahui perkembangan serta apa saja capaian yang telah dihasilkan oleh kepengurusan PCNU Way Kanan di periode saat ini demi untuk kemaslahatan warga Nahdliyin.

Sementara itu Ketua Rois Syuriah PCNU Way Kanan, KH Rofi’ul Bashori dalam laporan nya mengatakan bahwa di kepengurusan PCNU Way Kanan saat ini telah banyak perubahan yang dicapai serta program yang bermanfaat untuk masyarakat terutama kotak infak nahdlatul ulama (Koin Nu).

“Dengan Koin NU telah membantu berbagai kegiatan diantaranya Pendidikan, Kesehatan dan Sosial.” Jelas KH Rofi’ul Bashori.

Ditempat yang sama Ketua PCNU Way Kanan, KH Nurhuda menyampaikan bahwa PCNU Way Kanan dari tahun 2018 sampai saat ini dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui dana hibah sebesar dua ratus juta rupiah pertahun serta bersinergi untuk melaksanakan berbagi kegiatan.

“Dan Alhamdulilah kami di PCNU Way Kanan sampai saat ini selalu kompak, terbukti malam ini semua jajaran pengurus, Ketua lembaga, Badan Otonom, Ibu-ibu Muslimat, Fatayat, Pagarnusa, Ansor, IPNU IPPNU semuanya hadir’’ Jelas KH Nurhuda.

“Di PCNU Way Kanan Koin.NU pengelolaan tidak melalui LAZIZ.NU, juga tidak dikelola oleh PCNU tetapi diserahkan kepada Ranting NU masing-masing dengan sistem 30 persen diserahkan kepada MWCNU dan 70 Persen nya dikelola oleh ranting.’’Jelas KH Nurhuda

Dari sistem tersebut dihasilkan MWCNU Blambangan Umpu telah memilki mobil layanan umat, sudah membeli tanah untuk kantor serta Ranting NU Kampung Umpu Kencana saat ini sedang membangun kantor Ranting.

Selanjutnya MWCNU Kecamatan Rebangtangkas juga telah memilki kantor sendiri dari hasil Koin.NU, Kemudian MWCNU Kecamatan Kasui mendapatkan hibah tanah untuk pembangunan kantor, Selanjutnya MWCNU Kecamatan Banjit juga telah mendapatkan hibah untuk pembanguna kantor.

MWCNU Kecamatan Negeri Besar saat ini juga telah memilki tanah untuk pembanguna kantor, serta Ranting NU Kampung Tegal Mukti juga sudah memilki mobil layanan umat, kemudian juga telah berdiri LP MA’ARIF, Selanjutnya MWCNU Kecamatan Buay Bahuga sudah memilki satu unit mobil layanan umat.

MWCNU Kecamatan Pakuanratu saat ini juga telah memilki kantor, selain itu juga telah mendapatkan hibah tanah seluas dua hektar untuk pembangunan pondok pesantren NU di Kecamatan Negeri Besar.

KH Nurhuda mengatakan itulah tujuannya mengapa Koin.NU diserahkan kepada Ranting agar semuanya bergerak dan setiap MWCNU yang akan membangun kantor maka PCNU memberikan bantuan dana sebesar sepuluh juta rupiah untuk pembangunan pondasinya,

Selanjutnya PCNU Way Kanan melalui Lembaga pengembangan pertanian nahdlatul ulama (LPPNU) sedang menanam singkong seluas 3 Hektar di Kecamatan Negeri Agung yang dikelola oleh Ranting NU, Selain itu PCNU Way Kanan juga telah memilki koperasi dan beras NU Way Kanan yang nantinya akan disebarkan ke setiap pondok pesantren

Dan setiap akhir bulan PCNU Way Kanan mengadakan istighozah keliling yang bertugas mengisi acara nya para Rois Syuriah, Selanjutnya PCNU Way Kanan belum mengagendakan pengkaderan sebab masih konsentrasi dengan Koin.NU.

“Itulah mengapa PCNU Way Kanan belum mengadakan pengkaderan sebab selama ini telah banyak dilakukan pengkaderan tapi sejauh mana kader tersebut mau menghidupkan NU, Menurutnya selama ini banyak yang ikut pengkaderan hanya untuk kepentingan pribadi baik untuk mempertahankan jabatannya, mencari jabatan sehinga tidak ada kontribusinya terhadap organisasi.” Jelas KH Nurhuda.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa kepengurusan PCNU dan WMCNU di Kabupaten Way Kanan telah bergerak sesuai dengan tugasnya, Namun masih ada satu MWCNU yang bisa dikatakan matisuri yakni MWCNU Kecamatan Waytuba, Sebab sudah dua periode tapi ranting satupun belum ada padahal semua jajaran pengurusnya telah ada Sehingga dirinya berpikir bagaimana untuk melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap ketuanya.

Sementara itu PLH Ketua PWNU Lampung, H Alamsyah usai acara kepada RRI, mengatakan bahwa pihaknya melakukan kunjungan kerja di PCNU Way Kanan untuk memperkuat koordinasi agar semua program dapat bergerak serta konsilidasi sehingga semua lembaga-lembaga kepengurusan NU saling bergerak, bekerja dan berkhidmat

Dengan bersama sama antar program yang satu dengan lembaga yang lainnya, sehingga tidak terjadi perbedaan yang akan menimbulkan perselisihan, Namun diharapkan semua dapat menjalankan program inti yang dibuat oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kemudian diturunkan melalui pengurus wilayah, dan selanjutnya ke pengurus cabang, Kemudian pengurus cabang mengembangkan lebih luas lagi sesuai dengan tantangan dan perkembangan di daerahnya masing-masing.

“NU adalah organisasi yang besar sehingga struktur kepengurusannya sangat luas, maka diperlukan kunjungan kerja agar semua dipastikan bergerak dan hidup serta dapat memberikan kontribusi yang besar kepada umat, bangsa dan negara serta seluruh umat manusia ''Jelas H.Alamsyah.

Ketika disinggung terkait hasil pengamatan dan dialog dalam kunker yang dilakukan oleh PWNU di PCNU Way Kanan, H Alamsyah mengungkapkan setelah mendengar paparan, masukan yang disampaikan oleh jajaran pengurus dari semua tingkatan maupun jama’ah yang hadir pihaknya menilai bahwa PCNU Way Kanan mengalami perkembangan yang sangat bagus serta menggembirakan, jika dibandingkan lima tahun yang lalu.

Dijelaskan bahwa lima tahun yang lalu belum adanya mobil layanan umat, kemudian setiap MWCNU saat ini telah memilki kantor, bahkan PCNU Way Kanan juga memiliki kantor yang sangat bagus, Selain itu telah berkembang dari segi informasi dalam memyampaikan semua program dan tak kalah penting ekonominya hidup, Sehingga warga NU tidak hanya merasa sebagai pengurus tapi juga merasa memilki NU serta bertanggungjawab untuk mengamankan NU dengan memberikan apa yang bisa dilakukan seperti halnya ikut mengumpulkan Koin NU yang sangat penting untuk kemandirian.

''Tidak salah jika Laziz.NU itu menjadi tonggak atau dasar pilar untuk menjadi pengembangan NU menuju mandiri ekonomi, Kemudian dari segi pendidikan PCNU Way Kanan dianggap telah berkembang dengan semakin banyaknya pondok pesantren''Lanjut H. Alamsyah.

Sehingga pihaknya sangat optimis bahwa PCNU Way Kanan akan terus maju, Serta PWNU Lampung akan terus mendorong untuk maju dan ketika ditemukan persoalan atau kendala maka akan dicarikan solusinya secara bersama. (NOPRI)

Post a Comment

0 Comments